PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING DENGAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY BASED LEARNING DALAM MATERI BIOTEKNOLOGI KELAS X TERHADAP HASIL BELAJAR DI SMAS ADABIAH 2 PADANG

Zona, Oktavia and Erman, Har (2025) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING DENGAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY BASED LEARNING DALAM MATERI BIOTEKNOLOGI KELAS X TERHADAP HASIL BELAJAR DI SMAS ADABIAH 2 PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
Cover.pdf

Download (882kB)
[img] Text
BAB PENDAHULUAN.pdf

Download (222kB)
[img] Text
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf

Download (179kB)
[img] Text
FULLTEKS SKRIPSI ZONA OKTAVIA 2110013221004.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat perbedaan hasil belajar biologi antara penerapan model pembelajaran Project Based Learning dengan model Pembelajaran Inquiry Based Learning dalam materi Bioteknologi kelas X terhadap hasil belajar di SMAS Adabiah 2 Padang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian eksperimen ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Desain penelitian ini Nonequivalent Control Group Design. Sampel penelitian terdiri dari 2 kelas berjumlah 72 orang 2 kelas berjumlah masing-masing kelas 36 siswa. Hasil belajar rata-rata nilai kelas eksperimen 1 Project Based Learning mendapatkan 73,68,sedangkan pada kelas eksperimen 2 Inquiry Based Learning mendapatkan nilai rata-rata hasil belajar siswa sebesar 82,29. Teknik analisis data meliputi uji normalitas, homogenitas, dan uji hipotesis dengan menggunakan uji – t yang diolah menggunakan SPSS versi 26. Hasil analisis uji-t pada kelas eksperimen 1 mendapatkan nilai signifikan 0,000< 0,05, Ho1 ditolak H1 1 diterima terdapat perbedaan hasil belajar biologi siswa kelas X SMAS Adabiah 2 padang pada model pembelajaran Project based Learning dengan model pembelajaran Inquiry Based Learning. Uji- t kelas eksperimen 2 mendapatkan nilai signifikan 0,000< 0,05, Ho2 ditolak H1 2 diterima terdapat perbedaan hasil belajar biologi siswa kelas X SMAS Adabiah 2 padang pada model pembelajaran Inquiry Based Learning dengan model pembelajaran Project based Learning.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: PBIO FKIP
Date Deposited: 24 Mar 2025 06:54
Last Modified: 24 Mar 2025 06:54
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/25641

Actions (login required)

View Item View Item