PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN POWERPOINT (PPT) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SD ISLAM KHAIRA UMMAH

Nurhalimah, Nurhalimah and Rieke, Alyusfitri (2025) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN POWERPOINT (PPT) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SD ISLAM KHAIRA UMMAH. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (549kB)
[img] Text
BAB PENUTUP.pdf

Download (460kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (436kB)
[img] Text
FULLTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Islam Khaira Ummah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning (PBL) berbantuan PowerPoint (PPT) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Islam Khaira Ummah. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 81 orang dengan jumlah sampel 54 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah random sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar matematika. Hasil rata-rata posttest kelas eksperimen adalah 78 dan rata-rata nilai siswa di kelas kontrol adalah 66. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapatnya pengaruh pada hasil belajar matematika antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Ini ditunjukkan dengan hasil uji T-Test berpasangan, diperoleh Asymp.sig (2-tailed) 0,026 < 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model model Problem Based Learning (PBL) berbantuan PowerPoint (PPT) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Islam Khaira Ummah. Saran agar model Problem Based Learning (PBL) berbantuan PowerPoint (PPT) dapat menjadi salah satu alternatif dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 24 Mar 2025 07:23
Last Modified: 24 Mar 2025 07:23
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/25646

Actions (login required)

View Item View Item