PENINGKATAN KEMAMPUAN BERHITUNG PERKALIAN PESERTA DIDIK MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) KELAS III SD NEGERI 06 KAMPUNG LAPAI KEC. NANGGALO KOTA PADANG

Widia, Dwitika and syukma, netti and Arlina, Yuza (2025) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERHITUNG PERKALIAN PESERTA DIDIK MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) KELAS III SD NEGERI 06 KAMPUNG LAPAI KEC. NANGGALO KOTA PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
i. Cover, Halaman Pengesahan, Halaman Persetujuan, Daftar Isi dan Bab Pendahuluan.pdf

Download (807kB)
[img] Text
ii. Bab Kesimpulan Saran dan Daftar Pustaka.pdf

Download (243kB)
[img] Text
iii. Fullteks Skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berhitung perkalian peserta didik kelas III SD Negeri 06 Kampung Lapai Kec. Nanggalo Kota Padang. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana peningkatan kemampuan berhitung perkalian peserta didik kelas III SD Negeri 06 Kampung Lapai Kec. Nanggalo Kota Padang melalui model Problem Based Learning (PBL). Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas III.B SD Negeri 06 Kampung Lapai Kec. Nanggalo Kota Padang yang berjumlah sebanyak 30 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas guru dan lembar tes kemampuan berhitung perkalian peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan dengan dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari tiga kali pertemuan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh peningkatan kemampuan berhitung perkalian peserta didik kelas III SD Negeri 06 Kampung Lapai Kec. Nanggalo Kota Padang melalui model Problem Based Learning dengan persentase kemampuan berhitung peserta didik pada siklus I sebesar 43,33% sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 83,33%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model Problem Based Learning dapat meningkatkan kemampuan berhitung perkalian peserta didik kelas III SD Negeri 06 Kampung Lapai Kec. Nanggalo Kota Padang. Penulis memberikan saran agar dapat menerapkan model Problem Based Learning pada proses pembelajaran matematika sehingga kemampuan berhitung perkalian peserta didik dapat meningkat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 25 Mar 2025 02:27
Last Modified: 25 Mar 2025 02:27
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/25678

Actions (login required)

View Item View Item