Winda, Pegia Sari and Yusrizal, Yusrizal and M, Tamrin (2021) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAKE AND GIVETERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IIIDI SDNEGERI11 KURAO PAGANG PADANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.
|
Text
23 WINDA PEGIA SARI 1510013411092 Cover.pdf Download (83kB) | Preview |
|
|
Text
23 WINDA PEGIA SARI 1510013411092 Abstrak.pdf Download (258kB) | Preview |
|
|
Text
23 WINDA PEGIA SARI 1510013411092 BAB I.pdf Download (165kB) | Preview |
|
Text
23 WINDA PEGIA SARI 1510013411092 BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (219kB) |
||
Text
23 WINDA PEGIA SARI 1510013411092 BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (253kB) |
||
Text
23 WINDA PEGIA SARI 1510013411092 BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (382kB) |
||
Text
23 WINDA PEGIA SARI 1510013411092 BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (176kB) |
||
|
Text
23 WINDA PEGIA SARI 1510013411092 Daftar Pustaka.pdf Download (128kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model Kooperatif tipe take and give terhadap hasil belajar IPS siswa kelas III SD Negeri 11 Kurao Pagang Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen.Variabel bebas dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Take and Give sedangkan variable terikatnya adalah hasi lbelajar IPS. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III di SD Negeri 11 Kurao Pagang Padang yang berjumlah 42 orang. Sampel diambil secara sampling jenuh yaitu teknik penentuan sampel bila semua anggota populasi digunakan sebagai sampel. Dalam penelitian ini siswa dibagi kedalam dua kelas, yaitu kelas eksperimen yaitu kelas III A dan kelas control yaitu kelas III B. Analisis data dilakukan dengan uji normalitas, homogenitas, dan hipotesis dengan statistic. Hasil belajar siswa siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Take and Give memiliki rata-rata 80.45 dansiswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional memiliki rata-rata 64,88. Berdasarkan hasil analisisdiperolehthitung= 2.06 danttabel = 1.68 untuk taraf nyata α=0,05. Hal ini berartit hitung ˃ ttabel dan hipotesis yang diharapkan dalam penelitian diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa perlakuan model pembelajaran kooperatif tipe Take and Give dapat mempengaruhi hasil belajar siswa kearah yang lebih baik. Kata Kunci: Pembelajaran IPS, Pembelajaran Kooperatif, Take and Give, Hasil belajar.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Heltree Ivatureza |
Date Deposited: | 26 Jan 2021 07:50 |
Last Modified: | 26 Jan 2021 07:50 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/2570 |
Actions (login required)
View Item |