PENGEMBNGAN E-MODUL AJAR PENDIDIKAN PANCASILA FASE F ELEMEN NKRI DENGAN BERBASIS TEAM BASED PROJECT BERBANTU CANVA

Rilo, Gama Fadhli Rohim and Dra. Pebriyenni, M.Si, Pebriyenni (2025) PENGEMBNGAN E-MODUL AJAR PENDIDIKAN PANCASILA FASE F ELEMEN NKRI DENGAN BERBASIS TEAM BASED PROJECT BERBANTU CANVA. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
SKRIPSI RILO GAMA FADHLI ROHIM.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
BAB V Rilo Gama Fadhli Rohim.pdf

Download (193kB)
[img] Text
Teks Rilo Gama Fadhli Rohim.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini dilatar belakangi oleh masih banyak menggunakan model pembejaran satu arah, tentunya adanya e-modul diharapkan dapat mengatasi permasalahan ini, terutama di era teknologi yang mendukung siswa belajar menggunakan perangakat digital. E-modul memungkinkan siswa belajar melalui media elektronik kapan saja, sehingga dapat meningkatkan proses pembelajaran. Tujuan penelitian adalah untuk menghasilkan e-modul Pendidikan Pancasila berbasis Team-Based Project berbantu Canva yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian dilakukan menggunakan (R&D) dengan desain penelitian ADDIE (Analysis, desaign, developmen, implementation, dan evaluation). Hasil penelitian adalah pengembangan e-modul berbasis Team-Based Project berbantu Canva dengan langkah-langkah mendesain menggunakan aplikasi Canva, selanjutnya membagikan melalui link. Hasil penelitian menjukkan tingkat validitas dari tiga ahli, ahli materi, ahli bahasa, ahli media digunakan dengan memperoleh rata-rata validitas sebesar 93,05% kategori sangat valid. Uji praktikalitas dinyatakan praktis dengan presentase sebesar 89,02%, dan dinyatakan sangat efektif dengan presentase hasil respon peserta didik sebesar 83,59% dengan hasil belajar Pendidikan Pancasila dilakukan dengan pretest pada kelas eksperimen 58,57 dan posttest 86,03 dan kelas kontrol pretest 49,75 dan posttest 70,96. Nilai uji N-Gain Skor didapatkan kategori hasil belajar pada kreteria G> 0,07, yaitu 44,47 kriteria sangat tinggi. Nilai uji normalitas diperoleh nilai signfikan 0,159>0,05 untuk posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu 0,25>0,05, maka data berdistribusi normal. Nilai uji homogenitas diperoleh sebesar 0,165>0,05 menunjukkan data homogen dan Hi diterima. Uji hipotesis posttest lebih tinggi, 78,50 dibanding pretest, 54,16 Hi diterima. Uji T menunjukkan (hitung) 6.508 > t(tabel) 2,042, pada taraf nyata signifikan <0,025. Dapat disimpulkan bahwa Hi diterima dimana terdapat pengaruh penggunaan e-modul berbasis Team Based Project berbantu Canva terhadap hasil belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: PPKn FKIP
Date Deposited: 25 Mar 2025 02:19
Last Modified: 14 Apr 2025 02:38
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/25701

Actions (login required)

View Item View Item