Sayuti, Arkan Kholish and Eko, Prayitno (2025) ANALISIS KERUSAKAN PERKERASAN JALAN DENGAN METODE PAVEMENT CONDITION INDEX (PCI) DAN BINA MARGA: STUDI KASUS PADA RUAS JALAN LINGKAR MUARA BUNGO STA 244+000 – STA 249+000. Other thesis, Universitas Bung Hatta.
![]() |
Text
Cover - BAB 3.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
BAB 5 - Dokumentasi.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
REPOSTORY ARKAN KHOLISH S.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
Jalan Lingkar Muara Bungo di Kabupaten Bungo merupakan jalur utama yang berfungsi sebagai akses kendaraan berat untuk menghindari pusat kota. Namun, tingginya volume kendaraan, beban berlebih (overloading), serta sistem drainase yang tidak optimal menyebabkan berbagai jenis kerusakan pada perkerasan jalan. Kerusakan ini dapat menurunkan kualitas layanan jalan serta meningkatkan risiko kecelakaan dan biaya operasional kendaraan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi jenis dan tingkat kerusakan jalan serta memberikan rekomendasi pemeliharaan menggunakan metode Pavement Condition Index (PCI) dan metode Bina Marga. Survei visual dilakukan pada ruas jalan STA 244+000 hingga STA 249+000 untuk mendata jenis dan tingkat kerusakan. Hasil analisis menunjukkan bahwa jenis kerusakan yang dominan adalah retak kulit buaya, retak slip, pelepasan butiran, lubang, dan gelombang. Berdasarkan metode PCI, nilai kondisi jalan sebesar 55 menunjukkan kategori sedang, yang berarti perkerasan masih dapat digunakan tetapi memerlukan tindakan pemeliharaan segera. Sementara itu, metode Bina Marga menunjukkan nilai prioritas 6,7, yang menempatkan ruas jalan ini dalam kategori pemeliharaan berkala. Berdasarkan hasil analisis, rekomendasi perbaikan yang diberikan mencakup overlay pada 67% segmen jalan, rekonstruksi total pada 20% segmen yang mengalami kerusakan berat, serta pemeliharaan rutin pada 13% segmen lainnya untuk mencegah kerusakan lebih lanjut. Selain itu, pada beberapa segmen tertentu, terutama Segmen 2, disarankan adanya penyesuaian bahu jalan dan perbaikan sistem drainase guna mengurangi risiko percepatan kerusakan. Implementasi rekomendasi ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas dan daya tahan perkerasan jalan, memperpanjang umur layanannya, serta meningkatkan kenyamanan dan keselamatan pengguna jalan. Kata kunci: Pavement Condition Index, Bina Marga, kerusakan perkerasan, pemeliharaan jalan.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Sipil |
Depositing User: | Teknik Sipil FTSP |
Date Deposited: | 25 Mar 2025 01:52 |
Last Modified: | 25 Mar 2025 01:52 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/25726 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |