ANALISIS PERAN TENAGA PENDIDIK DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI SD NEGERI 01 ULAK KARANG SELATAN KOTA PADANG

Yuyun, Astri and Hidayati, Azkiya (2025) ANALISIS PERAN TENAGA PENDIDIK DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI SD NEGERI 01 ULAK KARANG SELATAN KOTA PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
BAB V DAN DAFTAR RUJUKAN.docx

Download (105kB)
[img] Text
COVER, ABSTRAK, HALAMAM PENGESASHAN, BAB I.docx

Download (2MB)
[img] Text
FULLTEKS.docx
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran tenaga pendidik dalam meningkatkan mutu pendidikan di SDN 01 Ulak Karang Kota Padang. Teori yang digunakan untuk menganalisis tenaga pendidikan digunakan teori Hasbullah (2017), tenaga pendidik harus berperan sebagai pembimbing, penginspirasi, dan motivator bagi peserta didiknya. Tenaga pendidik diharapkan memiliki keterampilan pedagogis, soasial, profesional, dan kepribadian yang kuat dalam mendukung tercapainya pendidikan berkualitas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, angket, dan dokumentasi. Subjek penelitian terdiri dari kepala sekolah serta guru pada fase A, B, dan C. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tenaga pendidik telah menjalankan perannya dengan baik dalam meningkatkan mutu pendidikan. Berdasarkan wawancara, 80% kepala sekolah dan guru menyatakan bahwa tenaga pendidik telah berperan secara optimal dalam meningkatkan mutu pendidikan, sementara 20% menyatakan masih terdapat kendala dalam sarana dan prasarana. Kendala tersebut meliputi fase B kelas IV yang kekurangan kipas angin serta fase C kelas V yang mengalami keterbatasan daya listrik akibat penggunaan infokus di setiap kelas. Hasil angket menunjukkan bahwa 80% responden sangat setuju, 20% setuju, dan tidak ada yang kurang setuju, tidak setuju, maupun tidak dapat menentukan pendapat. Dokumentasi yang dikumpulkan mendukung data wawancara dan angket, dengan 80% dokumen menunjukkan bahwa tenaga pendidik telah berperan aktif dalam meningkatkan mutu pendidikan, sementara 20% dokumentasi mengindikasikan adanya kendala dalam sarana dan prasarana. Kesimpulannya, tenaga pendidik di SDN 01 Ulak Karang telah berperan aktif dalam meningkatkan mutu pendidikan. Namun, masih terdapat kendala dalam sarana dan prasarana yang perlu mendapatkan perhatian lebih agar proses pembelajaran dapat berjalan lebih optimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 25 Mar 2025 02:48
Last Modified: 25 Mar 2025 02:48
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/25729

Actions (login required)

View Item View Item