PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI VOLUM KUBUS DAN BALOK UNTUK SISWA KELAS V SD NEGERI 55 AIR PACAH

Kurnia, Puspita Sari and Zulfa, Amrina and Hendra, Hidayat (2021) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI VOLUM KUBUS DAN BALOK UNTUK SISWA KELAS V SD NEGERI 55 AIR PACAH. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
27 KURNIA PUSPITA SARI 1510013411117 Cover.pdf

Download (15kB)
[img] Text
27 KURNIA PUSPITA SARI 1510013411117 Abstrak.pdf

Download (39kB)
[img] Text
27 KURNIA PUSPITA SARI 1510013411117 BAB I.pdf

Download (421kB)
[img] Text
27 KURNIA PUSPITA SARI 1510013411117 BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (260kB)
[img] Text
27 KURNIA PUSPITA SARI 1510013411117 BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (183kB)
[img] Text
27 KURNIA PUSPITA SARI 1510013411117 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (439kB)
[img] Text
27 KURNIA PUSPITA SARI 1510013411117 BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (41kB)
[img] Text
27 KURNIA PUSPITA SARI 1510013411117 Daftar Pustaka.pdf

Download (47kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Realistic Mathematics Education (RME) yang valid, praktis dan efektif pada materi volum kubus dan balok untuk siswa kelas V SD. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan 4- D yang dibatasi menjadi 3-D. Penelitian ini dilakukan pada awal semester genap tahun ajaran 2018/2019. Data dikumpulkan melalui angket dan tes hasil belajar. Rancangan LKPD yang telah dirancang divalidasi oleh tiga orang dosen dan satu orang guru kelas V. Analisis data validitas menunjukkan bahwa LKPD yang dihasilkan dalam kategori valid dengan persentase kevalidan 85,4%. Pada analisis data praktikalitas, diperoleh bahwa LKPD yang dihasilkan dalam kategori praktis dengan persentase kepraktisan 87,5% oleh guru dan 91,3% oleh siswa dengan kategori sangat praktis. Pembelajaran menggunakan LKPD yang telah dikembangkan dinyatakan sudah efektif hal ini dilihat pada hasil belajar siswa, dimana ketuntasan klasikalnya adalah 87,87%. Jadi, dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis RME yang dikembangkan telah valid, praktis dan efektif. Sehingga dapat digunakan sebagai salah satu alternatif bahan ajar untuk mengajarkan materi volum kubus dan balok. Kata Kunci : Lembar Kerja Peserta Didik, Realistic Mathematics Education, Volum Kubus dan Balok.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 26 Jan 2021 08:14
Last Modified: 26 Jan 2021 08:14
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/2576

Actions (login required)

View Item View Item