Zahra, Nail Alifa and Syofiani, Syofiani (2025) Pengembangan Media Pembelajaran Ludo Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV SDN 40 Koto Panjang Kabupaten Pesisir Selatan. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.
![]() |
Text
COVER, HALAMAN PENGESAHAN, ABSTRAK DAN DAFTAR ISI.pdf Download (822kB) |
![]() |
Text
BAB PENDAHULUAN.pdf Download (199kB) |
![]() |
Text
BAB KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (176kB) |
![]() |
Text
FULLTEKS SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya fasilitas belajar seperti kurang adanya media pembelajaran yang mendukung proses pembelajaran yang mana hanya beracuan pada buku pegangan guru dan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran ludo untuk kelas IV SD Negeri 40 Koto Panjang yang valid, praktis, dan efektif. Untuk dapat menghasilkan media dipakailah teori dalam pembuatan skripsi ini, teori dari Khair (dalam Kurniawan dkk, 2020:65) pembelajaran Bahasa Indonesia, Sulistiani (2020:112) teks prosedur, Rabitah (2018:100) media pembelajaran, Oktaria (2017:125) permainan media. Jenis penelitian adalah penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) Sugiono (2019:297). Prosedur pengembangan menggunakan 4-D yang dimodifikasi menjadi 3-D. Tahap yang dilakukan define, design dan develop. Validator angket validitas dilakukan oleh 3 orang dosen ahli yaitu validator materi , bahasa, dan desain. Skor aspek penilaian materi memperoleh 88,33%, skor aspek penilaian desain memperoleh 88,33%, skor aspek penilian bahasa memperoleh 91,66% dan mendapat rata-rata skor validasi adalah 89,44% dengan validasi persentase yang memenuhi kriteria sangat valid. Praktikalitas terdiri dari guru dan siswa, praktikalitas oleh guru memperoleh jumlah persentase 95% dan praktikalitas oleh siswa skala terbatas memperoleh jumlah persentase 82% termasuk kriteria valid praktikalitas skala kecil memperoleh persentase 78%. Keefektifan media pembelajaran ludo pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV Memperoleh persentase ketuntasan posttest 76,70%. Berdasarkan hasil penelitian media pembelajaran permainan ludo yang dikembangkan pada materi Bahasa Indonesia teks prosedur layak di aplikasikan dalam kegiatan belajar mengajar. Kata kunci : 3-D, belajar, pembelajaran Bahasa Indonesia, teks prosedur, media pembelajaran ludo
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | PGSD FKIP |
Date Deposited: | 25 Mar 2025 04:16 |
Last Modified: | 25 Mar 2025 04:16 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/25774 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |