PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENJUMLAHAN BILANGAN BULAT MELALUI PENDEKATAN INKUIRI DI KELAS IV SD NEGERI 04 LUHAK NAN DUO KABUPATEN PASAMAN BARAT

Muhammad, Dasrel and Niniwati, Niniwati and Hendrizal, Hendrizal (2021) PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENJUMLAHAN BILANGAN BULAT MELALUI PENDEKATAN INKUIRI DI KELAS IV SD NEGERI 04 LUHAK NAN DUO KABUPATEN PASAMAN BARAT. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
117 MUHAMMAD DASREL 1110013411421 Cover.pdf

Download (66kB)
[img] Text
117 MUHAMMAD DASREL 1110013411421 Abstrak.pdf

Download (105kB)
[img] Text
117 MUHAMMAD DASREL 1110013411421 BAB I.pdf

Download (122kB)
[img] Text
117 MUHAMMAD DASREL 1110013411421 BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (228kB)
[img] Text
117 MUHAMMAD DASREL 1110013411421 BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (99kB)
[img] Text
117 MUHAMMAD DASREL 1110013411421 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (189kB)
[img] Text
117 MUHAMMAD DASREL 1110013411421 BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7kB)
[img] Text
117 MUHAMMAD DASREL 1110013411421 Daftar Pustaka.pdf

Download (8kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar penjumlahan bilangan bulat siswa kelas IV SDN 04 Luhak Nan Duo. Hal ini disebabkan selama proses pembelajaran siswa hanya menerima materi dari guru, kemudian mencatat dan mengerjakan latihan serta siswa tidak terlibat secara aktif dalam pembelajaran. Untuk itu dilakukan penelitian tindakan kelas dengan tujuan mendeskripsikan peningkatan hasil belajar penjumlahan bilangan bulat melalui pendekatan inkuiri. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 04 Luhak Nan Duo, yang berjumlah 20 orang. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar. Hasil penelitian siklus I ketuntasan hasil belajar siswa 64% dengan kriteria belum tuntas. Sedangkan pada siklus II ketuntasan hasil belajar siswa meningkat menjadi 77,5% dengan kriteria sudah tuntas. Berdasarkan hasil pengamatan terlihat peningkatan hasil belajar dalam pembelajaran penjumlahan bilangan bulat. Maka dapat disimpulkan bahwa dengan pendekatan inkuiri pada pembelajaran penjumlahan bilangan bulat dapat meningkatkan hasil belajar. Disarankan agar guru dapat merancang pelaksanaan pembelajaran matematika dengan menggunakan pendekatan inkuiri karena pendekatan inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kata kunci: Hasil Belajar, Pendekatan Inkuiri U

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 27 Jan 2021 03:53
Last Modified: 27 Jan 2021 03:53
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/2594

Actions (login required)

View Item View Item