PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA BUNGA PECAHAN TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS III SDN 22 KURANJI

Sapna Darmahayati, Sapna and Dr. Rieke Alyusfitri, S.Si., M.Si, Rieke (2025) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA BUNGA PECAHAN TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS III SDN 22 KURANJI. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
PENGARUH MODEL PROLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA BUNGA PECAHAN TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS 3 SDN 22 KURANJI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (731kB)
[img] Text
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf

Download (386kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah siswa pada pembelajaran matematika kelas III di SDN 22 Kuranji Kota Padang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning berbantuan media bunga pecahan terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa pada pembelajaran matematika kelas III SDN 22 Kuranji Kota Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 40 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah total sampling. Penentuan kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu secara acak. Setelah dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas maka didapatkan kelas IIIA sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 22 siswa dan kelas IIIB yang berjumlah 18 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes hasil belajar, tes yang digunakan yaitu tes berupa essay. Hasil penelitian pada hasil belajar matematika siswa menunjukan rata-rata hasil belajar siswa kelas IIIA sebagai kelas eksperimen yaitu 89,45 dan pada kelas IIIB sebagai kelas kontrol yaitu 74,56. Pengujian hipotesis menggunakan uji Independent ttest, diperoleh sig. 0,000 < 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media bunga pecahan terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa pada pembelajaran matematika kelas III SDN 22 Kuranji Kota Padang. Saran dalam penelitian ini untuk peneliti selanjutnya, penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning dapat divariasikan dalam penggunaannya pada proses pembelajaraan sehingga dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa menjadi lebih baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 26 Mar 2025 05:21
Last Modified: 26 Mar 2025 05:21
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/25952

Actions (login required)

View Item View Item