PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA FASE F ELEMEN NKRI BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING

Rokhiya, Azizah and Dr. Muslim, S.H., M.Pd, Dr. Muslim, S.H., M.Pd (2025) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA FASE F ELEMEN NKRI BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
skripsi azizah Respository.docx
Restricted to Repository staff only

Download (15MB)
[img] Text
cover,halaman pengesahan ,abstrak,Daftar isi dan pendahuluan.docx

Download (2MB)
[img] Text
bab v kesimpulan.docx

Download (36kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penggunaan modul pembelajaran Pendidikan Pancasila Pada Fase F Elemen Negara Kesatuan Republik Indonesia Berbasis Problem Based Learning di SMA Negeri 8 Padang. Jenis penelitian adalah penelitian pengembagan(R&D) Dengan menggunakan desain pengembangan 3D yaitu Define, Design, dan Develop, Rancangan kegiatan penelitian ini adalah pretest posttest. Pada design ini terdapat dua kelompok kelas yang menjadi sample yaitu pada fase F. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 60 orang siswa. Kelas Fase F7 merupakan kelas eksperimen yang diberikan perlakuan yaitu pembelajaran dengan menggunakan modul Pendidikan Pancasila berbasis Problem Based Learning. Fase F 8 merupakan kelas kontrol yang tidak diberikan perlakuan.Berdasarkan kategori pembagian N-Gain persen didapatkan nilai rata-rata antara pretest dan posttest kelas eksperimen sebesar 69% dengan kategori cukup efektif. N-Gain persen pada kelas kontrol sebesar 48% pada kategori Cukup efektif. Modul pembelajaran dirancang dengan menyesuaikan model pembelajaran Problem Based Learning. Modul yang dirancang memanfaatkan aplikasi canva dan telah divalidasi para ahli/ dosen dalam aspek materi,Bahasa dan desain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: PPKn FKIP
Date Deposited: 26 Mar 2025 06:36
Last Modified: 26 Mar 2025 06:36
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/25966

Actions (login required)

View Item View Item