PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN PKn BERBASIS PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME UNTUK KELAS V DI SDN 34 DURIAN GADANG

Hilda, Pramita and Rona, Taula Sari and Yusrizal, Yusrizal (2021) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN PKn BERBASIS PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME UNTUK KELAS V DI SDN 34 DURIAN GADANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
81 HILDA PRAMITA 1510013411079 Cover.pdf

Download (183kB)
[img] Text
81 HILDA PRAMITA 1510013411079 Abstrak.pdf

Download (107kB)
[img] Text
81 HILDA PRAMITA 1510013411079 BAB I.pdf

Download (155kB)
[img] Text
81 HILDA PRAMITA 1510013411079 BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (213kB)
[img] Text
81 HILDA PRAMITA 1510013411079 BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (209kB)
[img] Text
81 HILDA PRAMITA 1510013411079 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
81 HILDA PRAMITA 1510013411079 BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (96kB)
[img] Text
81 HILDA PRAMITA 1510013411079 Daftar Pustaka.pdf

Download (108kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran PKn berbasis pendekatan konstruktivisme yang valid dan praktis untuk kelas V di SDN 34 Durian Gadang. Jenis penelitian yang digunakan adalah pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan modivikasi model 3-D yaitu terdiri dari tahap define, tahap design, dan development. Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2018/2019 dengan materi memahami peraturan perundang-undangan tingkat pusat dan daerah. Valiadator angket terdiri dari 1 orang dosen validator design dan 1 orang guru dari sekolah yang berbedasebagai validator materi. Berdasarkan hasil penelitian, validasi modul yang dihasilkan dari aspek tampilan modul PKn berbasis pendekatan konstruktivismememperoleh nilai 3,38dan dari aspek materi memperoleh penilaian 3,81, dan dilihat rata-rata skor penilaian modul pembelajaran PKn berbasis pendekatan konstruktivisme yang diperoleh secara keseluruhan yaitu 3,59 dengan kategori sangat valid.Sedangkan uji praktikalitas terdiri dari 1 orang guru dan 12 orang siswa. Dari hasil praktikalitas oleh guru dengan persentase hasil 89,5% dan dari hasil praktikalitas oleh siswa diperoleh persentase hasil 93%. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran PKn berbasis pendekatan konstruktivisme yang dihasilkan sangat valid dan praktis digunakan dalam pembelajaran PKn. Sehingga dapat digunakan dalam pembelajaran PKn di kelas V SDN 34 Durian Gadang. Kata kunci : Pengembangan ModulPKn, Konstruktivisme

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 08 Mar 2021 06:51
Last Modified: 08 Mar 2021 06:51
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/3062

Actions (login required)

View Item View Item