PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN IPA DENGAN MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH PADA MATERI BUNYI DAN SUMBER ENERGI BUNYI UNTUK SISWA KELAS IV SD N 26 PAMPANGAN PADANG

Tiwi, Septiyani and Gusmaweti, Gusmaweti and Ira, Rahmayuni Jusar (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN IPA DENGAN MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH PADA MATERI BUNYI DAN SUMBER ENERGI BUNYI UNTUK SISWA KELAS IV SD N 26 PAMPANGAN PADANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
67 TIWI SEPTIYANI 1510013411053 Cover.pdf

Download (96kB)
[img] Text
67 TIWI SEPTIYANI 1510013411053 Abstrak.pdf

Download (30kB)
[img] Text
67 TIWI SEPTIYANI 1510013411053 BAB I.pdf

Download (127kB)
[img] Text
67 TIWI SEPTIYANI 1510013411053 BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (398kB)
[img] Text
67 TIWI SEPTIYANI 1510013411053 BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (143kB)
[img] Text
67 TIWI SEPTIYANI 1510013411053 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
67 TIWI SEPTIYANI 1510013411053 BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (32kB)
[img] Text
67 TIWI SEPTIYANI 1510013411053 Daftar Pustaka.pdf

Download (110kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran IPA dengan menggunakan macromedia flash pada materi bunyi dan sumber energi untuk siswa kelas IV SD 26 Pampangan yang memenuhi kriteria valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Model penelitian pengembangan yang digunakan adalah model 4-D yaitu define, design, develop, dan disseminate. Pada penelitian ini hanya sampai tahap develop (pengembangan) dikarenakan keterbatasan waktu. Penelitian ini dilakukan pada semester ganjil tahun ajaran 2019/2020 dengan materi bunyi dan sumber energi. Instrumen penelitian meliputi lembar validasi dan lembar praktikalitas (angket guru dan siswa). Pada proses validasi, media divalidasi oleh 2 orang validator, 1 orang ahli materi dan 1 orang ahli media. Pada proses praktikalitas, media diujicobakan oleh 1 orang guru dan 30 orang siswa. Berdasarkan hasil penelitian, pengembangan media pembelajaran IPA dalam bentuk macromedia flash pada materi bunyi dan sumber energi bunyi untuk siswa kelas IV dihasilkan memenuhi kriteria sangat valid dengan persentase penilaian sebesar 92,85%, dan memenuhi kriteria sangat praktis dengan persentase 96,1% oleh guru dan 92% oleh siswa. Jadi, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran IPA dalam bentuk macromedia flash sangat valid dan sangat praktis untuk digunakan siswa kelas IV dalam pelaksanaan pembelajaran di SD. Kata kunci: Pengembangan, Media Pembelajaran IPA, Macromedia Flash

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 10 Mar 2021 02:11
Last Modified: 10 Mar 2021 02:11
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/3076

Actions (login required)

View Item View Item