PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS III PADA MATA PELAJARAN PKn SDN 47 KORONG GADANG KECAMATAN KURANJI

Aulia, Rahmi and Pebriyenni, Pebriyenni and Syafni, Gustina Sari (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS III PADA MATA PELAJARAN PKn SDN 47 KORONG GADANG KECAMATAN KURANJI. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
65 AULIA RAHMI 1510013411050 Cover.pdf

Download (68kB)
[img] Text
65 AULIA RAHMI 1510013411050 Abstrak.pdf

Download (126kB)
[img] Text
65 AULIA RAHMI 1510013411050 BAB I.pdf

Download (166kB)
[img] Text
65 AULIA RAHMI 1510013411050 BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (214kB)
[img] Text
65 AULIA RAHMI 1510013411050 BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (263kB)
[img] Text
65 AULIA RAHMI 1510013411050 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (198kB)
[img] Text
65 AULIA RAHMI 1510013411050 BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (116kB)
[img] Text
65 AULIA RAHMI 1510013411050 Daftar Pustaka.pdf

Download (99kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Scramble terhadap hasil belajar siswa kelas III pada Mata Pelajaran PKn di SDN 47 Korong Gadang Kecamatan Kuranji. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain“Randomized Control-Group Posttest Only Design”. Populasi penelitian yaitu siswa kelas III SDN 47 Korong Gadang Kecamatan Kuranji tahun pelajaran 2018/2019. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas III.A sebanyak 34 orang dan siswa kelas III.B sebanyak 32 orang siswa. Teknik pengambilan sampelnya menggunakan teknik Random Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes yang berbentuk pilihan ganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa rata-rata tes akhir kelas eksperimen yaitu 80,47, sedangkan kelas kontrol yaitu 72,5. Hasil analisis pada taraf nyata � = 0,05 menunjukan bahwa nilai thitung = 2,48 dan ttabel = 1,98. Sehingga didapatkan thitung > ttabel berarti H1 diterima dan H0 ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Scramble berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas III pada mata pelajaran PKn Di SDN 47 Korong Gadang Kecamatan Kuranji . Kata Kunci : Model Scramble, Hasil Belajar, Pendidikan Kewarganegaraan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 10 Mar 2021 02:44
Last Modified: 10 Mar 2021 02:44
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/3078

Actions (login required)

View Item View Item