PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD NEGERI 35 PARAK KARAKAH KOTA PADANG

Mida, Meini and Yusrizal, Yusrizal and Zulfa, Amrina (2021) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD NEGERI 35 PARAK KARAKAH KOTA PADANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
45 MIDA MEINI 1510013411009 Cover.pdf

Download (30kB)
[img] Text
45 MIDA MEINI 1510013411009 Abstrak.pdf

Download (29kB)
[img] Text
45 MIDA MEINI 1510013411009 BAB I.pdf

Download (90kB)
[img] Text
45 MIDA MEINI 1510013411009 BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (195kB)
[img] Text
45 MIDA MEINI 1510013411009 BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (226kB)
[img] Text
45 MIDA MEINI 1510013411009 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (211kB)
[img] Text
45 MIDA MEINI 1510013411009 BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (28kB)
[img] Text
45 MIDA MEINI 1510013411009 Daftar Pustaka.pdf

Download (71kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh penerapan model pembelajaran Cooperative Script terhadap hasil belajar IPS kelas V di SD Negeri 35 Parak Karakah Kota Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas V SD Negeri 35 Parak Karakah Kota Padang dan kelas sampel yaitu siswa kelas VB sebagai kelas eksperimen dan kelas VA sebagai kelas kontrol. Data yang diambil dalam penelitian ini adalah skor hasil belajar IPS ranah kognitif yang didapat melalui tes akhir dalam bentuk objektif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai siswa pada kelas eksperimen yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Cooperative Script lebih baik dari nilai siswa pada kelas kontrol yang menggunakan metode ceramah. Hal ini dapat dibuktikan dari jumlah nilai dan rata-rata nilai kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol (rata-rata nilai kelas eksperimen 82,28, ratarata nilai kelas kontrol 76,41) dan dari hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji-t menunjukkan bahwa thitung > ttabel (2,11 > 2,017). Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Cooperative Script berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 35 Parak Karakah Kota Padang. Untuk itu disarankan pada guru mata pelajaran IPS dapat menerapkan model pembelajaran Cooperative Script dalam proses pembelajaran. Kata kunci : Cooperative Script, Hasil Belajar, IPS.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 12 Mar 2021 08:18
Last Modified: 12 Mar 2021 08:18
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/3098

Actions (login required)

View Item View Item