PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPA BERBASIS MODEL INKUIRI PADA TEMA 4 SISWA KELAS IV SD NEGERI 03 KOTO PULAI TAPAN

Silvia, Silvia (2021) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPA BERBASIS MODEL INKUIRI PADA TEMA 4 SISWA KELAS IV SD NEGERI 03 KOTO PULAI TAPAN. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (195kB)
[img] Text
bab i.pdf

Download (368kB)
[img] Text
bab ii-iv.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
bab v.pdf

Download (225kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (322kB)
[img] Text
cover.pdf

Download (846kB)
[img] Text
lampiran.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran IPA berbasis model inkuiri pada materi sumber daya alam untuk kelas IV SD Negeri 03 Koto Pulai Tapan yang valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah research and development (penelitian pengembangan). Modul Pembelajaran IPA ini dikembangkan dengan menggunakan model 4-D (Define, Design, Develop, dan Disseminate), yang dibatasi sampai 3-D (Define, Design, dan Develop).Penelitian ini dilakukan di semester genap tahun ajaran 2020/2021 dengan intrumen angket validasi dosen ahli dan angket praktikalitas guru dan siswa.Modul yang telah dibuat divalidasi olehtiga dosen ahli. Hasil pengembangan menunjukkan bahwa modul berada pada kategori valid, yaitu dengan nilai validitas 82,4% oleh dosen ahli materi, nilai validitas 98% oleh ahli bahasa, dan nilai validitas 80% oleh ahli desain, sehingga rata-rata keseluruhan nilai validitas dari tiga dosen yaitu 86,8% pada kategori valid. Sedangkan uji praktikalitas dilakukan oleh 1 orang guru dan 10 orang siswa.Modul yang telah dikembangkan dikategorikan praktis oleh pendidik dengan rata-rata persentase kepraktisan 85,4% dan dikategorikan praktis oleh 10 orang siswa dengang rata-rata kepraktisan 87,7%. Hal ini menunjukkan bahwa modul pembelajaran IPA berbasis model inkuiri pada materi sumber daya alam yang dihasilkan sudah valid dan praktis sehingga dapat digunakan dalam pembelajaran IPA di kelas IV SD. Dengan adanya modul ini diharapkan peserta didik dapat berfikir kritis dalam memecahkan masalah dan memperoleh pengetahuan. Kata Kunci : Modul IPA, Model Inkuiri, Valid, praktis

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Hermanto Hermanto
Date Deposited: 27 Apr 2021 03:11
Last Modified: 27 Apr 2021 03:11
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/3462

Actions (login required)

View Item View Item