PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PEMBELAJARAN IPS DI KELAS V SDN 13 PASAR KAMBANG KABUPATEN PESISIR SELATAN

Rama, Dona and Muhammad, Sahnan and M., Tamrin (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PEMBELAJARAN IPS DI KELAS V SDN 13 PASAR KAMBANG KABUPATEN PESISIR SELATAN. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
63 RAMA DONA 1610013411127 cover.pdf

Download (98kB)
[img] Text
63 RAMA DONA 1610013411127 Abstrak.pdf

Download (132kB)
[img] Text
63 RAMA DONA 1610013411127 BAB I.pdf

Download (158kB)
[img] Text
63 RAMA DONA 1610013411127 BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (233kB)
[img] Text
63 RAMA DONA 1610013411127 BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (266kB)
[img] Text
63 RAMA DONA 1610013411127 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (231kB)
[img] Text
63 RAMA DONA 1610013411127 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (125kB)
[img] Text
63 RAMA DONA 1610013411127 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (105kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Two Stay Two Stray terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SDN 13 Pasar Kambang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain “posttest-only control design”. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Two Stay Two Stray, sedangkan variabel terikat adalah hasil belajar IPS. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 13 Pasar Kambang pada tahun ajaran 2019/2020 yang terdiri atas dua kelas yaitu siswa kelas VA sebanyak 17 orang dan siswa kelas VB sebanyak 18 orang. Teknik dalam pengambilan sampel yaitu dengan cara total sampling. Hasil belajar yang diamati adalah ranah kognitif yang dilihat dari hasil tes akhir penelitian. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata kelas ekperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol dimana hasil belajar kelas eksperimen dengan rata-rata 70,00, kelas kontrol dengan rata-rata 60,28. Secara uji statistik harga thitung < ttabel (α 0,05), 1,46< 2,03452 dengan demikian H1 ditolak. Dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa hasil belajar yang menggunakan model pembelajaran Two Stay Two Stray lebih tinggi dari pada hasil belajar yang menggunakan metode ceramah. Kata kunci: Two Stay Two Stray, Hasil Belajar, IPS.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ahmad Elzuhri
Date Deposited: 25 Jun 2020 02:16
Last Modified: 26 Jun 2020 05:14
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/36

Actions (login required)

View Item View Item