PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PPKn BERBASIS VISUAL STUDIO PADA KELAS V SEKOLAH DASAR

Fadhli, Hazlan Indra and Pebriyenni, Pebriyenni and Hendra, Hidayat (2020) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PPKn BERBASIS VISUAL STUDIO PADA KELAS V SEKOLAH DASAR. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
36 FADHLI HAZLAN INDRA 1510013411114 Cover.pdf

Download (10kB)
[img] Text
36 FADHLI HAZLAN INDRA 1510013411114 Abstrak.pdf

Download (11kB)
[img] Text
36 FADHLI HAZLAN INDRA 1510013411114 BAB I.pdf

Download (42kB)
[img] Text
36 FADHLI HAZLAN INDRA 1510013411114 BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (166kB)
[img] Text
36 FADHLI HAZLAN INDRA 1510013411114 BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (96kB)
[img] Text
36 FADHLI HAZLAN INDRA 1510013411114 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (245kB)
[img] Text
36 FADHLI HAZLAN INDRA 1510013411114 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6kB)
[img] Text
36 FADHLI HAZLAN INDRA 1510013411114 Daftar Pustaka.pdf

Download (17kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran PPKn berbasis visual studio pada kelas V Sekolah Dasar Negeri 19 Kampung Olo yang memenuhi kriteria valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Model penelitian pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE yaitu analyze, design, develop, implementation, dan evaluate. Pada penelitian ini hanya sampai tahap implementation dikarenakan keterbatasan waktu. Penelitian ini dilakukan pada tahun ajaran 2019/2020. Instrumen penelitian meliputi lembar validasi (angket validitas dosen ahli) dan lembar praktikalitas (angket respon guru dan siswa). Pada proses validasi, media divalidasi oleh 1 orang ahli materi dan 1 orang ahli media. Pada proses praktikalitas, media diujicobakan di Sekolah Dasar Negeri 19 Kampung Olo, oleh 1 orang guru dan 20 orang siswa. Berdasarkan hasil penelitian, pengembangan media pembelajaran PPKn berbasis visual studio pada kelas V Sekolah Dasar dihasilkan memenuhi kriteria sangat valid dengan persentase penilaian sebesar 84%, dan memenuhi kriteria sangat praktis dengan persentase 97%. Jadi, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran PPKn kelas V berbasis visual studio sangat valid dan sangat praktis digunakan sebagai salah satu media pembelajaran. Kata kunci: Media Pembelajaran PPKn, Visual Studio

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ahmad Elzuhri
Date Deposited: 14 Jul 2020 06:44
Last Modified: 14 Jul 2020 06:44
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/360

Actions (login required)

View Item View Item