PERANAN BADAN PENYELESAIAN SENGKETA KONSUMEN (BPSK) KOTA SOLOK DALAM MENYELESAIKAN SENGKETA ANTARA BANK NEGARA INDONESIA DENGAN NASABAH MELALUI PROSES MEDIASI

Reza, Putri and Yofiza, Media (2021) PERANAN BADAN PENYELESAIAN SENGKETA KONSUMEN (BPSK) KOTA SOLOK DALAM MENYELESAIKAN SENGKETA ANTARA BANK NEGARA INDONESIA DENGAN NASABAH MELALUI PROSES MEDIASI. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER.pdf

Download (667kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (159kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (398kB)
[img] Text
BAB II-III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (552kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (253kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (237kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (487kB)

Abstract

BPSK merupakan lembaga dimana para pihak dapat menyelesaikan permasalahan di luar pengadilan, bukan berarti setiap permasalahan dapat diselesaikan di BPSK. Permasalahan yang bisa diselesaikan di BPSK adalah konsumen akhir. Rumusan masalah adalah 1) Bagaimanakah peranan BPSK Kota Solok dalam penyelesaian sengketa antara BNI dengan nasabah melalui proses mediasi, 2) Bagaimanakah kendala BPSK Kota Solok dalam penyelesaian sengketa antara BNI dengan nasabah melalui proses mediasi, 3) Bagaimanakah upaya BPSK Kota Solok dalam penyelesaian sengketa antara BNI dengan nasabah melalui proses mediasi. Jenis penelitian adalah yuridis sosiologis, sumber data adalah data primer dan data sekunder dengan melakukan wawancara dan data dianalisis secara kualitatif. Simpulan hasil penelitian adalah 1) Peranan BPSK Kota Solok memberikan nasehat, petunjuk, solusi, saran dan upaya lain dalam penyelesaian sengketa yang saling menguntungkan bagi pihak yang bersengketa 2) Kendala yang dihadapi BPSK dalam proses mediasi adalah tidak ada kesepatan waktu pelaksanaan, sehingga waktu yang digunakan menjadi lama. Di saat mediasi para pihak bertahan dengan pendapat masing-masing sehingga tidak terjadi kesepakatan dan berakhir dengan sepakat untuk tidak sepakat 3) Upaya BPSK Kota Solok dalam penyelesaian sengketa antara BNI dengan nasabah melalui proses mediasi adalah mencarikan pemecahan masalah yang menguntungkan kedua belah pihak, dan berusaha memberikan yang terbaik untuk kedua pihak. Kata Kunci: Sengketa konsumen, Mediasi, BPSK

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 24 May 2021 07:37
Last Modified: 24 May 2021 07:37
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/3890

Actions (login required)

View Item View Item