PENGARUH MODEL QUANTUM TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS III SD NEGERI 37 PEGAMBIRAN PADANG

Delima, Tri Monica and Syofiani, Syofiani and Syafni, Gustina Sari (2020) PENGARUH MODEL QUANTUM TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS III SD NEGERI 37 PEGAMBIRAN PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
27 DELIMA TRI MONICA 1510013411062 Cover.pdf

Download (74kB)
[img] Text
27 DELIMA TRI MONICA 1510013411062 Abstrak.pdf

Download (125kB)
[img] Text
27 DELIMA TRI MONICA 1510013411062 BAB I.pdf

Download (144kB)
[img] Text
27 DELIMA TRI MONICA 1510013411062 BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (200kB)
[img] Text
27 DELIMA TRI MONICA 1510013411062 BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (241kB)
[img] Text
27 DELIMA TRI MONICA 1510013411062 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (288kB)
[img] Text
27 DELIMA TRI MONICA 1510013411062 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (115kB)
[img] Text
27 DELIMA TRI MONICA 1510013411062 Daftar Pustaka.pdf

Download (101kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas III SD Negeri 37 Pegambiran Padang. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh model Quantum Teaching terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas IIIdi SD Negeri 37 Pegambiran Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi penelitian yaitu siswa kelas III SD Negeri 37 Pegambiran Padang tahun pelajaran 2018/2019, sampel pada penelitian ini yaitu kelas III A sebagai kelas eksperimen dan kelas III B sebagai kelas kontrol yang cara pengambilan sampelnya menggunakan sampling jenuh.Instrumen penelitian adalah Instrumen tes. Teknik pengumpulan data menggunakan tes yang berbentuk essay. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata teks akhir kelas eksperimen yaitu 79,11, sedangkan kelas kontrol yaitu 64,58. Hasil analisis pada taraf nyata α = 0,05 menunjukkan bahwa nilai thitung = 2,74 dan ttabel = 2,0105. Dengan demikian, Sehingga didapat thitung > ttabel berarti H1 diterima dan H0 ditolak. Dengan demikian, ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran QuantumTeaching terbukti berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas III pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di SD Negeri 37 Pegambiran Padang. Kata kunci: model QuantumTeaching, hasil belajar, Bahasa Indonesia.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ahmad Elzuhri
Date Deposited: 16 Jul 2020 02:48
Last Modified: 16 Jul 2020 02:48
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/412

Actions (login required)

View Item View Item