PERAN GURU DALAM PENINGKATAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN JARAK JAUH DI SMA NEGERI 2 TUALANG KABUPATEN SIAK

M.Yuda, Wahidin and Pebriyenni, Pebriyenni (2021) PERAN GURU DALAM PENINGKATAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN JARAK JAUH DI SMA NEGERI 2 TUALANG KABUPATEN SIAK. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
i..pdf

Download (623kB)
[img] Text
BAB PENDAHULUAN.pdf

Download (579kB)
[img] Text
BAB SIMPULAN DAN SARAN.pdf

Download (98kB)
[img] Text
SKRIPSI FIKS M. YUDA WAHIDIN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

PERAN GURU DALAM PENINGKATAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN JARAK JAUH DI SMA NEGERI 2 TUALANG KABUPATEN SIAK M. Yuda Wahidin1, Pebriyenni1, Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas BungHatta E-mail: myudawahidin@gmail.com Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran jarak jauh dan mengetahui faktor pendukung serta penghambat di SMA Negeri 2 Tualang Kabupaten Siak agar pembelajaran dimasa tetap tersampaikan sesuai dengan tujuan. Jenis penelitian ini adalah Kualitatif dengan Pendekatan Studi kasus. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah wawancara, quesioner dan dokumentasi. Subjek penelitian ini berjumlah 16 guru perwakilan bidang studi di SMA negeri 2 Tualang. Hasil penelitian ditemukan peran guru, menjadi penyalur aspirasi siswa jika terdapat kendala, selalu memberikan motivasi sebelum memulai pembelajaran, memproses siswa yang bermasalah secara baik dan benar, memberikan materi yang mudah di fahami dan di kerjakan siswa, selalu menggunakan media/aplikasi yang bisa di akses seluruh siswa, menerima tugas yang telah di kirim siswa walaupun tidak disiplin waktu, mencari sumber belajar yang cocok dengan pembelajaran jarak jauh, dan mempersiapkan rancang RPP 1 lembar sesuai ajuran wakil kurikulum. Faktor pendukung yang ditemukan alat komunikasi, orang tua dan sebagainya. Kendala yang ditemukan seperti : jaringan, kuota internet, alat komunikasi yang tidak di miliki siswa, serta daerah tempat mereka tinggal yang tidak memadai. Kesimpilannya peran guru sudah terlaksana dengan baik sesuai dengan tujuan pembelajaran, namun 50% menyatakan kendala yang ditemukan dalam pembelajaran jarak jauh kurang teratasi dengan baik Kata Kunci: Efektivitas, Pembelajaran Jarak Jauh, Peran Guru

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: PPKn FKIP
Date Deposited: 18 Aug 2021 02:53
Last Modified: 18 Aug 2021 02:59
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/4559

Actions (login required)

View Item View Item