PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPS BERBASIS MAKE A MATCH PADA TEMA 7 PERISTIWA DALAM KEHIDUPAN UNTUK SISWA KEAS V

Resty, Rahmawati and Yulfia, Nora and M., Tamrin (2020) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPS BERBASIS MAKE A MATCH PADA TEMA 7 PERISTIWA DALAM KEHIDUPAN UNTUK SISWA KEAS V. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
16 RESTY RAHMAWATI 1510013411030 Cover.pdf

Download (63kB)
[img] Text
16 RESTY RAHMAWATI 1510013411030 Abstrak.pdf

Download (118kB)
[img] Text
16 RESTY RAHMAWATI 1510013411030 BAB I.pdf

Download (121kB)
[img] Text
16 RESTY RAHMAWATI 1510013411030 BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (157kB)
[img] Text
16 RESTY RAHMAWATI 1510013411030 BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (182kB)
[img] Text
16 RESTY RAHMAWATI 1510013411030 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
16 RESTY RAHMAWATI 1510013411030 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (35kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul pembelajaran IPS berbasis Make a Match pada materi Peristiwa dalam Kehidupan untuk siswa kelas V SD yang valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (penelitian pengembangan). Modul pembelajaran IPS berbasis Make a Match ini dikembangkan dengan menggunakan three-D models. Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2019/2020. Pengumpulan data dilakukan dengan validasi dan uji coba modul yang dikembangkan. Rancangan modul yang telah didesain divalidasi oleh tiga orang pakar kemudian diujicoba secara terbatas di kelas V SDN 38 Seberang Tarok untuk mengetahui praktikalitas modul yang dikembangkan.Dari hasil penelitian yang dilakukan diketahui bahwa modul pembelajaran IPS berbasisMake a Match pada materi 7 Peristiwa dalam kehidupan untuk siswa kelas V SDN 38 Seberang Tarok ini berada pada kategori sangat valid dengan rata-rata persentase kevalidan 93,4%. Modul yang telah dikembangkan dikategorikan sangat praktis oleh guru dengan rata – rata persentase kepraktisan 92,76%, juga dikategorikan sangat praktis menurut siswa dengan rata – rata persentase kepraktisan 92,6. Jadi dapat disimpulkan bahwa modul berbasis Make a Match. Kata Kunci : Modul, Make a Match, IPS.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ahmad Elzuhri
Date Deposited: 20 Jul 2020 07:59
Last Modified: 20 Jul 2020 07:59
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/463

Actions (login required)

View Item View Item