PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPS BERBASIS MODEL EXAMPLE NON-EXAMPLE UNTUK KELAS V SEKOLAH DASAR

Feby, Kurniawan and Pebriyenni, Pebriyenni (2021) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPS BERBASIS MODEL EXAMPLE NON-EXAMPLE UNTUK KELAS V SEKOLAH DASAR. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER, ABSTRAK, DAFTAR ISI .pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB PENDAHULUAN.pdf

Download (142kB)
[img] Text
BAB KESIMPULAN DAN SARAN.pdf

Download (10kB)
[img] Text
SKRIPSI FEBY KURNIAWAN FULLTEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran IPS berbasis model Example non-Example pada kelas V yang memenuhi Kriteria valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D). Model Pengembangan menggunakan 4-D yang dimodifikasi Menjadi 3-D. Tahapan yang dilakukan adalah define, design, dan develop. Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2020/2021. Modul divalidasi oleh tiga Validator ahli yaitu ahli materi dengan 80,20% kriteria valid, ahli bahasa dengan 93,18% kriteria sangat valid, dan ahli desain 83, 33% Kriteria valid. Rata-rata keseluruhan nilai validitas dari tiga validator ahli adalah 83,96% Kriteria valid. Untuk uji coba praktikalitas, modul digunakan oleh guru dan siswa SD Negeri 051/XI Kumun Mudik dengan hasil praktikalitas 90,90% guru kategori sangat praktis dan siswa 88,71% siswa Kriteria praktis. Rata-rata praktikalitas 89,80% Kriteria praktis. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa validitas modul pembelajaran IPS berbasis model Example non-Example untuk kelas V dinyatakan valid baik dari aspek materi, bahasa, dan desain. Hasil praktikalitas dinyatakan praktis baik dari aspek penilaian guru maupun siswa. Hal ini menunjukkan bahwa modul pembelajaran IPS berbasis model Example non-Example telah valid dan praktis untuk digunakan sebagai sumber belajar atau bahan ajar untuk siswa maupun guru. Kata Kunci : Pengembangan, Modul, Example non-Example.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 26 Aug 2021 08:11
Last Modified: 26 Aug 2021 08:11
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/5214

Actions (login required)

View Item View Item