PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS PICTURE AND PICTURE PADA SISWA KELAS II SDN 24 PARUPUK TABING

Rezki, savira and Rieke, alyusfitri (2021) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS PICTURE AND PICTURE PADA SISWA KELAS II SDN 24 PARUPUK TABING. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
i. COVER.pdf

Download (758kB)
[img] Text
ii. BAB PENDAHULUAN.pdf

Download (155kB)
[img] Text
iii. BAB KESIMPULAN SARAN.pdf

Download (46kB)
[img] Text
iv. FULLTEKS SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan produk berupa modul pembelajaran Matematika berbasis picture and picture pada tema 4 untuk siswa kelas II yang memenuhi kriteria valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (Penelitian dan pengembangan). Dengan menggunakan model 3-D yaitu terdiri dari tahap define, design, and development. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas II semester genap tahun ajaran 2020/2021. Validator angket terdiri dari 1 orang ahli materi, 1 orang ahli bahasa, dan 1 orang ahli tampilan. Berdasarkan hasil penelitian, validasi modul yang dilakukan dari aspek materi matematika memperoleh 84,37% dengan kategori valid, dari aspek bahasa memperoleh 90% dengan kategori sangat valid, dari aspek tampilan memperoleh nilai 87,5% dengan kategori valid. Dilihat rata-rata skor penilaian modul pembelajaran matematika berbasis picture and picture pada tema 4 untuk siswa kelas II yang memperoleh secara keseluruhan yaitu 87,29% dengan kategori valid. Sedangkan uji praktikalitas terdiri dari 1 orang guru dan 11 orang siswa, dari hasil praktikalitas oleh guru memperoleh hasil 96,67% dengan kriteria sangat praktis, dan dari hasil praktikalitas oleh siswa diperoleh presentase hasil 94,59% dengann kriteria sangat praktis. Dari hasil penelitian ini disimpulkan bahwa modul pembelajaran matematika berbasis picture and picture yang dihasilkan valid dan praktis digunakan sebagai salah satu alternatif bahan ajar sehingga siswa mampu belajar dengan baik tanpa bimbingan guru maupun dengan bimbingan guru.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 30 Aug 2021 01:47
Last Modified: 30 Aug 2021 01:47
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/5798

Actions (login required)

View Item View Item