PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO ANIMASI PEMBELAJARAN IPS BERBASIS POWTOON UNTUK KELAS IV SEKOLAH DASAR

Fitria, Ningrum R. Pursanti and Yulfia, Nora (2021) PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO ANIMASI PEMBELAJARAN IPS BERBASIS POWTOON UNTUK KELAS IV SEKOLAH DASAR. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
Cover-daftar isi.pdf

Download (371kB)
[img] Text
Bab I Pendahuluan.pdf

Download (129kB)
[img] Text
Bab V Kesimpulan Saran.pdf

Download (11kB)
[img] Text
SKRIPSI FITRIA NINGRUM OKE FIKS 123.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum adanya ketersediaan Video Animasi pembelajaran IPS berbasis Powtoon. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Video Animasi pembelajaran IPS berbasis Powtoon untuk siswa kelas IV SD Negeri 27 Pasar Kambang yang memenuhi kriteria valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D). Model pengembangan menggunakan 4-D yang dimodifikasi menjadi 3-D. Tahapan yang dilakukan adalah define, design, dan develop. Penelitian ini dilakukan pada semester ganjil tahun ajaran 2021/2022 pada materi keberagaman Indonesia di Provinsi setempat. Pada proses validasi, Video Animasi divalidasi oleh 3 orang dosen validator, yaitu validator ahli materi, ahli bahasa dan ahli desain. Data untuk validitas diperoleh dari hasil lembar validasi yang telah dinilai oleh validator ahli materi 90% dengan kriteria sangat valid, ahli bahasa 85% dengan kriteria valid dan ahli desain 85,36% dengan kriteria valid yang mendapatkan nilai persentase keseluruhan 86,95% dengan kriteria valid. Pada proses praktikalitas, Video Animasi diuji cobakan oleh 1 orang guru dan 10 siswa kelas IV SD Negeri 27 Pasar Kambang. Data untuk praktikalitas diperoleh dari lembar praktikalitas angket respon guru 92,18% dengan kriteria sangat praktis dan siswa 88,33% dengan kriteria praktis yang mendapatkan total nilai persentase keseluruhan 88,78% dengan kriteria praktis. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Video Animasi pada materi keberagaman Indonesia berbasis Powtoon untuk kelas IV sudah memenuhi kriteria valid dan praktis untuk digunakan sebagai salah satu media pembelajaran dalam pembelajaran IPS khususnya bagi siswa kelas IV di Sekolah Dasar. Kata kunci : video animasi, pembelajaran ips, powtoon

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 06 Sep 2021 08:25
Last Modified: 06 Sep 2021 08:25
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/6392

Actions (login required)

View Item View Item