PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA PEMBELAJARAN IPS MELAUI MODEL MAKE A MATCH DI SDN 03 KAMPUNG OLO KOTA PADANG

Milayanti, Milayanti and Yusrizal, Yusrizal and Zulfa, Amrina (2020) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA PEMBELAJARAN IPS MELAUI MODEL MAKE A MATCH DI SDN 03 KAMPUNG OLO KOTA PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
3 MILAYANTI 1210013411203 Cover.pdf

Download (81kB)
[img] Text
3 MILAYANTI 1210013411203 Abstrak.pdf

Download (116kB)
[img] Text
3 MILAYANTI 1210013411203 BAB I.pdf

Download (178kB)
[img] Text
3 MILAYANTI 1210013411203 BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (211kB)
[img] Text
3 MILAYANTI 1210013411203 BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (188kB)
[img] Text
3 MILAYANTI 1210013411203 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (255kB)
[img] Text
3 MILAYANTI 1210013411203 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (106kB)
[img] Text
3 MILAYANTI 1210013411203 Daftar Pustaka.pdf

Download (104kB)

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa karena guru hanya menggunakan metode ceramah dan tidak melibatkan siswa untuk aktif dalam pembelajaran IPS. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 03 Kampung Olo, yang berjumlah 21 orang siswa. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi aktivitas siswa, lembar observasi aktivitas guru, dan tes hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang diketahui bahwa aktivitas belajar siswa 52,75% pada siklus I meningkat menjadi 73,5% pada siklus II, aktivitas kegiatan guru 82,25% pada siklus I meningkat menjadi 89,55% pada silus II, dan hasil belajar siswa dari 52% pada siklus I meningkat menjadi 76% pada siklus II. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dalam pelaksanaan pembelajaran ilmu pengetahuan sosial melalui model Make A Match di SDN 03 Kampung Olo dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini peneliti menyarankan guru dapat menerapkan model Make A Match. Kata Kunci: Aktivitas, Hasil Pembelajaran IPS, Model Make A Match

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ahmad Elzuhri
Date Deposited: 26 Aug 2020 08:35
Last Modified: 26 Aug 2020 08:35
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/796

Actions (login required)

View Item View Item