PENINGKATAN HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS SISWA KELAS IV PADA PEMBELAJARAN IPA MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE WORD SQUARE DI SDN 06 EMPANG TERAS LUMPO KAB. PESISIR SELATAN

Panji, Kurnia and Wince, Hendri and Siska, Angreni (2020) PENINGKATAN HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS SISWA KELAS IV PADA PEMBELAJARAN IPA MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE WORD SQUARE DI SDN 06 EMPANG TERAS LUMPO KAB. PESISIR SELATAN. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
2 PANJI KURNIA 1210013411155 Cover.pdf

Download (31kB)
[img] Text
2 PANJI KURNIA 1210013411155 Abstrak.pdf

Download (26kB)
[img] Text
2 PANJI KURNIA 1210013411155 BAB I.pdf

Download (94kB)
[img] Text
2 PANJI KURNIA 1210013411155 BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (113kB)
[img] Text
2 PANJI KURNIA 1210013411155 BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (146kB)
[img] Text
2 PANJI KURNIA 1210013411155 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (265kB)
[img] Text
2 PANJI KURNIA 1210013411155 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (72kB)
[img] Text
2 PANJI KURNIA 1210013411155 Daftar Pustaka.pdf

Download (24kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya aktivitas dan hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN 06 Empang Teras Lumpo. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN 06 Empang Teras Lumpo dengan menggunakan model pembelajaran Word Square. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas guru, aktivitas siswa. Berdasarkan hasil penilaian ranah kognitif pada siklus I rata-rata 67,69 dengan persentase ketuntasan 46,15%. meningkat pada siklus II rata-rata 81,53 dengan persentase ketuntasan 84,61%. Penilaian aktivitas siswa pada aspek menjawab pertanyaan pada siklus I 46,15% meningkat pada siklus II 80,76%. Penilaian aktivitas siswa pada aspek kerjasama pada siklus I 73,07% meningkat pada siklus II 84,61%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Word Square dapat meningkatkan hsail belajar IPA siswa dan aktifitas siswa dalam pembelajaran. Kata Kunci : Hasil belajar, Aktivitas, IPA, Word Square

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ahmad Elzuhri
Date Deposited: 26 Aug 2020 08:40
Last Modified: 26 Aug 2020 08:40
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/797

Actions (login required)

View Item View Item