PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN PENGUKURAN SUDUT BERBASIS PENEMUAN TERBIMBING UNTUK SISWA KELAS IV SD

Beni Rahmat, Kholiq and Arlina, Yuza (2022) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN PENGUKURAN SUDUT BERBASIS PENEMUAN TERBIMBING UNTUK SISWA KELAS IV SD. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
BAB I.pdf

Download (182kB)
[img] Text
COVER-HALAMAN PENGESAHAN-ABSTRAK-DAFTAR ISI.pdf

Download (337kB)
[img] Text
KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (222kB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN PENGUKURAN SUDUT BERBASIS PENEMUAN TERBIMBING UNTUK SISWA KELAS IV SD Beni Rahmat Kholiq¹, Arlina Yuza¹ ¹Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bung Hatta e-mail: benikholiq110@gmail.com ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya fasilitas belajar seperti tidak adanya modul pembelajaran yang mendukung proses pembelajaran yang mana hanya buku paket menjadi acuan pembelajaran sehingga siswa sering merasa bosan, dan metode yang digunakan guru dalam proses pembelajaran masih konvensional. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul Pembelajaran Matematika Berbasis Penemuan Terbimbing di Siswa Kelas IV SDN 16 Bukit Siayah yang valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan/ Research and Development. Modul penelitian yang digunakan adalah tipe 4-D yaitu Define, disign, Development, dan disseminate. Karena keterbatasan pengetahuan, kemampuan dan waktu, maka penelitian hanya sampai pada fase Development (3D). Validator angket validitas dilakukan oleh 3 orang dosen ahli, untuk uji praktikalitas dilakukan pada guru dan siswa kelas IV SDN 16 Bukit Siayah, dan untuk uji efektivitas merupakan hasil tes siswa kelas IV SDN 16 Bukit Siayah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul yang dihasilkan dikategorikan valid oleh validator dengan nilai rata-rata (87,8%) baik dari aspek kelayakan isi (92%), aspek penyajian dan tampilan (82%), dan aspek bahasa (89,5%). Media yang dihasilkan dikategorikan sangat praktis oleh guru dengan rata-rata presentase (91,07%). Serta dikategorikan sangat praktis oleh siswa dengan rata-rata presentase (93,7%). Hasil Penelitian pada uji efektivitas dikategorikan cukup efektiv dengan skala (65,8). Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa pengembangan modul Pembelajaran Matematika Berbasis Penemuan Terbimbing di Siswa Kelas IV SDN 16 Bukit Siayah yang dihasilkan valid, sangat praktis dan cukup efektif sehingga sudah bisa digunakan dalam proses pembelajaran di kelas IV SD. Kata Kunci: Modul, Pembelajaran, Penemuan Terbimbing

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 17 Mar 2022 02:06
Last Modified: 17 Mar 2022 02:06
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/8368

Actions (login required)

View Item View Item