PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BERBASIS KONTEKSTUAL UNTUK SISWA KELAS V SDN 28 KOTO MERAPAK KECAMATAN LINGGO SARI BAGANTI KABUPATEN PESISIR SELATAN

Ronaldo, Joli Pratama and Wirnita, Eska (2022) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BERBASIS KONTEKSTUAL UNTUK SISWA KELAS V SDN 28 KOTO MERAPAK KECAMATAN LINGGO SARI BAGANTI KABUPATEN PESISIR SELATAN. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
cover, kata pengantar, surat pernyataan, lembar pengesahan, daftar isi.pdf

Download (624kB)
[img] Text
BAB 1 pendahuluan.pdf

Download (117kB)
[img] Text
BAB V, daftar rujukan.pdf

Download (103kB)
[img] Text
acc skripsi ronal.pdf
Restricted to Repository staff only until 14 May 2022.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melakukan pengembangan modul pada mata pelajaran bahasa Indoensia berbasis kontekstual pada siswa sekolah dasar kelas V SDN 28 koto merapak yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif.penelitian ini menggunakan teori yang digunakan adalah hakikat pembelajaran menurut Susanto (2012) dan Purwanto (2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D). Model pengembangan menggunakan 4-D yang di modifikasi menjadi 3-D. Tahapan yang dilakukan adalah define, design, dan develop Pada proses validasi, modul divalidasi oleh 3 orang dosen validator, yaitu validator ahli materi, ahli bahasa dan ahli desain. Pengembangan modul pada penelitian ini dilaksanakan pada siswa sekolah dasar kelas V dengan jumlah sampel 21 orang siswa. Hasil pengembangan modul bahasa Indonesia mendapat validitas dari hasil lembar validasi yang telah dinilai oleh validator ahli materi 69,2%, ahli bahasa 95,4%, dan ahli desain 89,5%, sehingga rata-rata keseluruhan nilai validitas dari tiga orang dosen ahli 80,1% dengan kriteria valid. Pada proses praktikalitas, modul diuji cobakan oleh 1 orang guru dan 21 siswa kelas V SD Negeri 28 koto merapak. Hasil praktikalitas diperoleh dari lembar praktikalitas (angket respon guru dan siswa) yang mendapatkan nilai praktikalitas oleh guru 88,6% dan praktiklitas siswa 89%, sehingga rata-rata praktikalitas oleh guru dan siswa 92,2% dengan kriteria sangat praktis. Hal ini menunjukkan bahwa modul pembelajaran bahasa indonesia berbasis kontekstual pada siswa kelas V SD Negeri 28 koto merapak valid dan sangat praktis dan dapat digunakan sebagai sumber belajar atau bahan ajar untuk siswa maupun guru pada mata pelajarn bahasa Indonesia. Kesimpulan dari penelitian ini modul berbasis kontekstual pada pembelajaran bahasa Indonesia kelas V SDN 28 koto merapak dinyatakan sangat valid, sangat praktis dan efektif pada proses pembelajaran agar dapat meningkatkan nilai siswa dalam mata pelajaran bahasa Indonesia Kata kunci: Pengembangan, Berbasis Konstektual, Bahasa Indonesia

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 17 Mar 2022 02:07
Last Modified: 17 Mar 2022 02:07
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/8389

Actions (login required)

View Item View Item