Hendra, Fitrizal and Romi, Isnanda (2022) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BERBASIS KONSTRUKTIVISME PADA MATERI PUISI SISWA KELAS IV SDN 26 PELANGI KECIL KECAMATAN RANAH PESISIR KABUPATEN PESISIR SELATAN. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.
Text
i._Cover,_halaman_pengesahan,_abstrak,_daftar_isi_Hendra_Fitrizal[1].pdf Download (7MB) |
|
Text
ii_Bab_Pendahuluan_Hendra_Fitrizal[1].pdf Download (164kB) |
|
Text
iii._Kesimpulan,_saran_dab_daftar_rujukan_Hendra_Fitrizal[1].pdf Download (122kB) |
|
Text
iv._Skripsi_Full_Hendra_Fitrizal,[1].pdf Restricted to Repository staff only Download (11MB) |
Abstract
Penelitian dilatarbelakangi oleh kurangnya ketersedian buku cetak mata pelajaran atau sumber belajar di sekolah. Tujuan penelitian mengembangkan modul pembelajaran Bahasa Indonesia berbasis Konstruktivisme bagi siswa kelas IV SD Negeri 26 Pelangai Kecil Kecamatan Ranah Pesisir Kabupaten Pesisir Selatan yaitu agar tercapainya tujuan pendidikan secara efisien, efektif dan dapat memudahkan siswa dalam memahami materi pelajaran. Teori yang dijadikan acuan adalah teori membaca oleh Dimyati (2009.5) dan teori konstruktivisme oleh Birsyada (2014.204). Jenis penelitian adalah penelitian pengembangan atau Research and Development (R & D) yang dikemukakan oleh Trianto (2009) dengan model prosedural 4D, yang terdiri dari tahap define (pendefinisian), tahap design (perancangan), development (pengembangan) dan desseminate (penyebaran), karena keterbatasan pengetahuan, kemampuan dan waktu, maka penelitian hanya sampai pada fase development (3D). Validator angket validitas dilakukan oleh 3 orang dosen ahli, untuk uji efektivitas merupakan hasil tes siswa kelas IV SD, dan untuk uji praktikalitas dilakukan pada guru dan siswa kelas IV SD N 26 Pelangai Kecil Kecamatan Ranah Pesisir Kabupaten Pesisir Selatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul yang dihasilkan dikategorikan sangat valid oleh validator dengan nilai rata-rata (88%) baik dari aspek kelayakan isi (90%), aspek penyajian dan tampilan (90%), dan aspek bahasa (85%). Hasil penelitian pada uji efektivitas dikategorikan efektif (100%). Modul yang dihasilkan dikategorikan sangat praktis oleh guru dengan rata-rata persentase 94%. Serta dikategorikan sangat praktis oleh siswa dengan rata-rata (95%). Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa pengembangan modul pembelajaran Bahasa Indonesia berbasis Konstruktivisme pada tema 6 bagi siswa kelas IV SD Negeri 26 Pelangai Kecil Kecamatan Ranah Pesisir Kabupaten Pesisir Selatan yang dihasilkan sangat valid. Sudah efektif, dan sangat praktis sehingga dapat digunakan dalam proses pembelajaran di kelas IV SD.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | PGSD FKIP |
Date Deposited: | 18 Mar 2022 01:44 |
Last Modified: | 18 Mar 2022 01:44 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/8448 |
Actions (login required)
View Item |