PENGEMBANGAN MEDIA KARTU KATA BERBASIS PICTURE AND PICTURE PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS I SDN 05 SURAU GADANG PADANG

putri, ramadhani and Wirnita, Eska (2022) PENGEMBANGAN MEDIA KARTU KATA BERBASIS PICTURE AND PICTURE PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS I SDN 05 SURAU GADANG PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER - Copy (2).pdf

Download (604kB)
[img] Text
BAB I PENDAHULUAN - Copy (2).pdf

Download (171kB)
[img] Text
BAB V KESIMPULAN, SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA - Copy (2).pdf

Download (235kB)
[img] Text
SKRIPSI PUTRI RAMADHANI - Copy.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

PENGEMBANGAN MEDIA KARTU KATA BERBASIS PICTURE AND PICTURE PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS I SDN 05 SURAU GADANG PADANG Putri ramadhani1 , Wirnita Eska2 Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bung Hatta Email : putriramadhani1999@icloud.com ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya fasilitas belajar seperti tidak adanya media, bahan ajar yang digunakan hanya berupa buku paket sehingga siswa sering merasa bosan, dan metode yang digunakan guru dalam proses pembelajaran masih konvensional. Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan proses pengembangan dan menghasilkan kualitas media kartu kata berbasis picture and picture pada pembelajaran bahasa Indonesia kelas I SDN 05 Surau Gadang Padang yang valid, praktis, dan efektif. Teori yang dipakai sebagai acuan adalah teori pembelajaran bahasa Indonesia oleh Susanto (2014:242), pendapat media oleh Arsyad (2019:3), pendapat kartu kata oleh Rahman dan Haryanto (2014:129), dan pendapat picture and picture oleh Istarani (2011:7). Jenis penelitian adalah penelitian pengembangan atau Research and Development (R & D) yang dikemukakan oleh Trianto dengan model prosedural 4D, yang terdiri dari tahap define (pendefinisian), tahap design (perancangan), tahap development (pengembangan), dan tahap disseminate (Penyebaran). karena keterbatasan waktu dan kemampuan maka penelitian hanya sampai pada fase development (3D), 1) Validator angket validitas dilakukan oleh 3 orang dosen ahli, 2) uji praktikalitas dilakukan oleh guru dan siswa kelas I SD, dan 3) uji efektivitas dilakukan oleh siswa kelas I SD. Pertama, prosedur pengembangan media yang dirancang melalui tiga tahap tahap yaitu tahap pendefinisian (difine), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (development). Kedua, Hasil penelitian menunjukkan bahwa media yang dihasilkan dikategorikan sangat valid oleh validator dengan nilai rata�rata (91,76%) dilihat dari aspek kelayakan isi (96%), aspek bahasa (83,3%), dan aspek penyajian dan tampilan (95%). Media yang dikembangkan dan dihasilkan dikategorikan sangat praktis oleh siswa dengan rata-rata 97,86% serta dinyatakan sangat praktis oleh guru dengan nilai rat-rata 97,5%. hasil penelitian pada uji efektifitas dikategorikan sangat efektif dengan rata-rata 91%. Hasil tes yang dicapai siswa sudah melebihi KKM yaitu 70%.Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa media kartu kata berbasis picture and picture pada pembelajaran bahasa Indonesia kelas I SDN 05 Surau Gadang Padang dinyatakan sangat valid, praktis, dan efektif untuk digunakan dalam proses pembelajaran Bahasa Indonesia bagi siswa kelas 1. Kata kunci : Media, Pengembangan, kartu kata, picture and picture, pembelajaran Bahasa Indonesia.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 04 Aug 2022 02:00
Last Modified: 04 Aug 2022 02:00
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/9191

Actions (login required)

View Item View Item