Pengembangan Modul Pembelajaran IPA Berbasis Saintifik Pada Materi Daur Hidup Hewan Untuk Kelas IV SDN 8 Padang Panjang Timur

Putri, Kemala and Rona, Taula Sari (2022) Pengembangan Modul Pembelajaran IPA Berbasis Saintifik Pada Materi Daur Hidup Hewan Untuk Kelas IV SDN 8 Padang Panjang Timur. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
cover 1_removed.pdf

Download (309kB)
[img] Text
pendahuluan.pdf

Download (228kB)
[img] Text
kesimpulan.pdf

Download (220kB)
[img] Text
skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran IPA berbasis Saintifik pada kelas IV Sekolah Dasar yang memenuhi kriteria valid dan praktis. Jenis penelitian adalah pengembangan atau Research and Development (R&D). Model pengembangan menggunakan 4-D yaitu difine, design, develop dan disseminate Namun, pada penilitian ini hanya 3-D yaitu difine, design, dan develop. Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2022/2023 pada tema 6 cita-citaku di Sekolah Dasar Negeri 8 Padang Panjang Timur pada materi daur hidup hewan. Pada proses validasi, modul di validasi oleh 1 orang ahli materi, 1 orang ahli desain dan 1 orang ahli bahasa. Pada proses praktikalitas, modul di ujicobakan oleh 1 orang guru dan 28 orang siswa. Berdasarkan hasil penelitian, pengembangan modul pembelajaran IPA berbasis Saintifik pada kelas IV Sekolah Dasar di hasilkan modul yang memenuhi kriteria sangat valid dengan nilai rata-rata yaitu 3,74 yaitu dari ahli materi memperoleh nilai 3,73 dari ahli bahasa memperoleh nilai 3,90 dan dari ahli desain memperoleh nilai 3,61, memenuhi kriteria sangat praktis dengan rata-rata 93,00% yaitu prektikalitas guru memperoleh persentase sebesar 97,00% dan praktikalitas siswa memperoleh persentase sebesar 90,00% Jadi, dapat di simpulkan bahwa modul pembelajaran IPA berbasis Saintifik IV Sekolah Dasar sangat valid, dan sangat praktis di gunakan sebagai salah satu sumber dalam pembelajaran IPA di kelas IV Sekolah Dasar. Sehingga, modul dapat digunakan secara mandiri dan bagi peneliti selanjutnya dapat mengembangkan modul pembelajaran IPA berbasis Saintifik dengan kompetensi dasar dan materi yang lainnya. Kata kunci : Modul, Pembelajaran IPA, Saintifik

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 05 Aug 2022 01:57
Last Modified: 05 Aug 2022 01:57
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/9355

Actions (login required)

View Item View Item