PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BERBASIS PENDEKATAN KONTRUKTIVISME UNTUK KELAS IV SDN 02 ULAK KARANG SELATAN KOTA PADANG

Nilam, Lidya Azra and M, Sayuti (2022) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BERBASIS PENDEKATAN KONTRUKTIVISME UNTUK KELAS IV SDN 02 ULAK KARANG SELATAN KOTA PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
i. Cover, dll.pdf

Download (587kB)
[img] Text
ii. BAB I Pendahuluan.pdf

Download (171kB)
[img] Text
iii. BAB V Kesimpulan Dan Saran.pdf

Download (92kB)
[img] Text
iv. full text skripsi nilam lidya azra.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Modul Bahasa Indonesia berbasis Pendekatan Kontruktivisme. Teori yang dipakai sebagai acuan adalah teori modul pembelajaran oleh Daryanto(2013:9), pendapat pembelajran bahasa Indonesia oleh Sagala(2010: 61), pendapat kontruktivise oleh Abimanyu(2008:22). Materi penelitian ini adalah gagasan pokok dan gagasan pendukung. Jenis penelitian ini R & D (research and development) atau penelitian pengembangan. Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan 3-D yaitu define,design, dan develop. Metodologi penelitian ini adalah gabungan metode kualitatif dan kuantitatif agar mendapatkan data yang valid dan terukur. Penelitian ini dilakukan berdaskan ujicoba skala terbatas dan skala kecil. Berdasarkan hasil penelitian, Pengembangan Modul Pembelajaran Bahasa Indonesia berbasis Pendekatan Kontruktivisme yang memenuhi kriteria sangat valid dengan persentase 91,78%. Pengembangan Modul Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Pendekatan Kontruktivisme memenuhi kriteria sangat praktis dengan persentase 90,90% untuk guru skala terbatas dan 93,18% untuk guru skala kecil, dilihat dari respon siswa memeperoleh kriteria sangat praktis dengan persentase 90,7% untuk skala terbatas dan 90,84% untuk skala kecil. Pada uji efektivitas modul skala terbatas memenuhi kriteria cukup yaitu 0,42 dan pada uji coba skala kecil memenuhi kriteria cukup yaitu 0,63. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran bahasa Indonesia berbasis Pendekatan Kontruktivisme sangat valid, sangat praktis, dan efektif untuk digunakan sebagai bahan ajar dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SD. Kata kunci: modul pembelajaran, bahasa indonesia, berbasis pendekatan kontruktivisme

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 05 Aug 2022 08:05
Last Modified: 05 Aug 2022 08:05
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/9517

Actions (login required)

View Item View Item