Pengembangan Modul Pembelajaran PKn Dengan Model Contextual Teaching and Learning (CTL) Untuk Siswa Kelas V di Sekolah Dasar Negeri 33 Padang Mandiangin

Adek Saputra, Adek and Dr. M. Nursi, M.Si., Nursi (2022) Pengembangan Modul Pembelajaran PKn Dengan Model Contextual Teaching and Learning (CTL) Untuk Siswa Kelas V di Sekolah Dasar Negeri 33 Padang Mandiangin. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER kompre fix 1.pdf
Restricted to Repository staff only until 15 October 2022.

Download (610kB)
[img] Text
skiripsi BAB I kompre fix.pdf

Download (112kB)
[img] Text
BAB V KOMPRE FIX.pdf

Download (57kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA KOMPRE FIX.pdf

Download (68kB)
[img] Text
SKRIPSI ADEK SAPUTRA.pdf

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengembangan modul pembelajaran PKn dengan pendekatan Contexstual Teaching and Learning pada materi keragaman sosial budaya dan keragaman sosial budaya untuk siswa kelas V SD yang valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (penelitian pengembangan). Modul pembelajaran PKn dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning ini dikembangkan dengan menggunakan 3-D models. Penelitian ini dilakukan pada tahun ajaran 2022/2023. Pengumpulan data dilakukan dengan validasi dan uji coba modul yang dikembangkan. Rancangan modul yang telah didesain divalidasi oleh tiga orang pakar kemudian diuji coba secara terbatas di kelas V SDN 33 Padang Mandiangin untuk mengetahui validitas modul yang dikembangkan. Hasil penelitian mengetahui bahwa modul pembelajaran PKn dengan pendekatan kontekstual pada untuk siswa kelas V SD ini berada pada kategori valid dengan presentase nilai validasi materi 86,66%, validasi Bahasa 88,88% dan validasi desain 93,33% Maka rata-rata validasi Modul Pembelajaran Keberagaman Sosial Budaya persentase kevalidan 89,58% dan Presentase Praktikalis Guru 98,43% dan Presentase Praktikalis siswwa 85,71%. Maka disimpulkan modul pembelajaran PKn berbasis Contekstual Teaching and Learning dikategorikan valid dan Praktis untuk digunakan pada kelas V dalam pelaksanaan pembelajaran di SD. Kata Kunci: Modul Pembelajaran PKn, Model Contexstual Teaching and Learning.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 07 Aug 2022 02:42
Last Modified: 07 Aug 2022 02:42
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/9586

Actions (login required)

View Item View Item