Pengembangan Modul Pembelajaran PKn Dengan Model Contextual Teaching and Learning (CTL) Untuk Siswa Kelas V di Sekolah Dasar Negeri 33 Padang Mandiangin

Adek Saputra, Adek and Dr. M. Nursi, M.Si., Nursi (2022) Pengembangan Modul Pembelajaran PKn Dengan Model Contextual Teaching and Learning (CTL) Untuk Siswa Kelas V di Sekolah Dasar Negeri 33 Padang Mandiangin. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER kompre fix 1.pdf
Restricted to Repository staff only until 15 October 2022.

Download (610kB)
[img]
Preview
Text
skiripsi BAB I kompre fix.pdf

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V KOMPRE FIX.pdf

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA KOMPRE FIX.pdf

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SKRIPSI ADEK SAPUTRA.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengembangan modul pembelajaran PKn dengan pendekatan Contexstual Teaching and Learning pada materi keragaman sosial budaya dan keragaman sosial budaya untuk siswa kelas V SD yang valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (penelitian pengembangan). Modul pembelajaran PKn dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning ini dikembangkan dengan menggunakan 3-D models. Penelitian ini dilakukan pada tahun ajaran 2022/2023. Pengumpulan data dilakukan dengan validasi dan uji coba modul yang dikembangkan. Rancangan modul yang telah didesain divalidasi oleh tiga orang pakar kemudian diuji coba secara terbatas di kelas V SDN 33 Padang Mandiangin untuk mengetahui validitas modul yang dikembangkan. Hasil penelitian mengetahui bahwa modul pembelajaran PKn dengan pendekatan kontekstual pada untuk siswa kelas V SD ini berada pada kategori valid dengan presentase nilai validasi materi 86,66%, validasi Bahasa 88,88% dan validasi desain 93,33% Maka rata-rata validasi Modul Pembelajaran Keberagaman Sosial Budaya persentase kevalidan 89,58% dan Presentase Praktikalis Guru 98,43% dan Presentase Praktikalis siswwa 85,71%. Maka disimpulkan modul pembelajaran PKn berbasis Contekstual Teaching and Learning dikategorikan valid dan Praktis untuk digunakan pada kelas V dalam pelaksanaan pembelajaran di SD. Kata Kunci: Modul Pembelajaran PKn, Model Contexstual Teaching and Learning.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 07 Aug 2022 02:42
Last Modified: 07 Aug 2022 02:42
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/9586

Actions (login required)

View Item View Item