PENGEMBANGAN APLIKASI EVALUASI PEMBELAJARAN TERINTEGRASI HOTS BERBASIS ANDROID PADA SISWA KELAS XI DI SMK CERSA PASAMAN PADA MASA PANDEMI COVID-19

M.ichsan, Fajri saib and karmila, Suryani (2022) PENGEMBANGAN APLIKASI EVALUASI PEMBELAJARAN TERINTEGRASI HOTS BERBASIS ANDROID PADA SISWA KELAS XI DI SMK CERSA PASAMAN PADA MASA PANDEMI COVID-19. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
cover-daftar isi.pdf

Download (2MB)
[img] Text
bab 1.pdf

Download (172kB)
[img] Text
kesimpulan dan daftar pustaka.pdf

Download (179kB)
[img] Text
skripsi m.ichsan fajri saib.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan agar aplikasi evaluasi terintegrasi hots berbasis android pada siswa kelas XI di SMK Cersa Pasaman pada masa pandemi covid-19 yang dikembangkan dapat membantu guru dan siswa dalam proses ujian mid semester jarak jauh yang valid dan praktis. Dengan adanya aplikasi evaluasi terintegrasi HOTS berbasis android ini guru dapat mengevaluasi siswa melalui smartphone menggunakan aplikasi yang dikembangkan sehingga siswa dapat melakukan ujian yang diberikan oleh guru mata pelajaran matematika, bahasa indonesia, bahasa inggris, mata pelajaran produktif (OTKP), mata pelajaran akuntansi dan mata pelajaran perhotelan. Model penelitian yang digunakan peneliti adalah model pengembangan (Research and Development). Prosedur pengembangan yang peneliti gunakan yaitu use case diagram dan activity diagram yang meliputi admin, guru dan siswa. Instrumen penelitian meliputi lembar validasi dari ahli, ahli materi, lembar praktikalitas yaitu angket siswa. Pada proses validasi, aplikasi di validasi oleh 1 orang ahli media dan 6 orang ahli materi yaitu guru mata pelajaran OTKP, akuntansi, perhotelan, bahasa indonesia, matematika dan bahasa inggris. Pada proses praktikalitas, aplikasi diuji cobakan oleh 93 orang siswa. berdasarkan hasil penelitian, aplikasi memenuhi kriteria sangat valid dengan nilai rata-rata 92% oleh ahli media, memperoleh nilai 96% dan ahli materi memperoleh nilai 87%, memenuhi kriteria sangat praktis dengan rata-rata persentase sebesar 89%. Jadi dapat disimpulkan bahwa aplikasi evaluasi terintegrasi HOTS berbasis android pada kelas XI di SMK Cersa Pasaman sangat valid dan sangat praktis dan layak untuk diterapkan sebagai alat evaluasi siswa dalam melaksanakan ujian mid semester berbasis android. Kata kunci : aplikasi evaluasi, evaluasi, computer based test, ujian online

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Teknologi Informasi dan Komputer
Depositing User: PTIK FKIP
Date Deposited: 07 Aug 2022 03:13
Last Modified: 07 Aug 2022 03:13
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/9597

Actions (login required)

View Item View Item