PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BERBASIS PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA SISWA KELAS IV SDN 35 PEGAMBIRAN KOTA PADANG

Rina, Hidayah and Dr.Wirnita, Eska (2022) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BERBASIS PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA SISWA KELAS IV SDN 35 PEGAMBIRAN KOTA PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
Cover, Abstrak, Daftar Isi.pdf

Download (550kB)
[img] Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (105kB)
[img] Text
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf

Download (125kB)
[img] Text
Skripsi Rina Hidayah (18-150).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum adanya penggunaan modul pembelajaran berbasis pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada mata pelajaran bahasa Indonesia di SDN 35 Pegambiran Kota Padang pada kelas IV. Penelitian ini menghasilkan modul pembelajaran bahasa Indonesia berbasis pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada siswa kelas IV SDN 35 Pegambiran kota Padang yang memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif. Teori yang digunakan adalah hakikat pembelajaran bahasa menurut Susanto (2013) dan Samsiyah (2016), teori tentang modul menurut Daryanto (2013), teori tentang pendekatan CTL menurut Arsa (2015). Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D). Model pengembangan menggunakan 4-D yang di modifikasi menjadi 3-D. Tahapan yang dilakukan adalah define, design, dan develop. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul yang dihasilkan dikategorikan valid oleh validator dengan nilai rata-rata 87,07%. Pada praktikalitas modul, mendapatkan rata-rata 94,07% dengan kriteria sangat praktis dari guru dan siswa. Hasil pada uji efektivitas dikategorikan sangat efektif dengan rata-rata 100% dari siswa. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran bahasa Indonesia berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) pada siswa kelas IV SDN 35 Pegambiran Kota Padang dinyatakan sangat valid, praktis, dan efektif untuk digunakan dalam proses pembelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas IV. Kata kunci: modul, pengembangan, CTL, pembelajaran bahasa Indonesia

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 07 Aug 2022 05:17
Last Modified: 07 Aug 2022 05:17
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/9629

Actions (login required)

View Item View Item