PERAN GURU DAN ORANG TUA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS III PADA PEMBELAJARAN PKN SELAMA BELAJAR DARING DI SD NEGERI 12 PARAMBAHAN

Putri, Masyitha and Darwianis, Darwianis (2022) PERAN GURU DAN ORANG TUA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS III PADA PEMBELAJARAN PKN SELAMA BELAJAR DARING DI SD NEGERI 12 PARAMBAHAN. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER, PENGESAHAN, ABSTRAK, DAFTAR ISI.pdf

Download (861kB)
[img] Text
BAB PENDAHULUAN.pdf

Download (347kB)
[img] Text
BAB KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (622kB)
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran guru dan orang tua terhadap motivasi belajar siswa kelas III pada pembelajaran PKn selama belajar daring di SD Negeri 12 Parambahan. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Sampel dalam penelitian ini adalah 1 orang guru kelas III SD Negeri 12 Parambahan dan 5 orang tua siswa kelas III SD Negeri 12 Parambahan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian ini yaitu melihat peran guru dan orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar siswa karena tidak semua siswa yang termotivasi dalam pembelajaran PKn selama belajar daring. Penyebab kurang termotivasinya siswa kelas III pada pembelajaran PKn selama belajar daring adalah karena dengan belajar daring materi sulit dipahami siswa dan siswa sudah terlanjur senang bermain HP dari pada belajar. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa siswa kelas III SD Negeri 12 Parambahan kurang termotivasi pada pembelajaran PKn selama belajar daring. Kata Kunci: Peran Guru, Peran Orang Tua, Motivasi, PKn, Belajar Daring.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 08 Aug 2022 01:42
Last Modified: 08 Aug 2022 01:42
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/9674

Actions (login required)

View Item View Item