Fauzi, Rizaldi and Darwianis, Darwianis (2022) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA 6 SUBTEMA 1 MELALUI MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW DI KELAS 4 DI SDN 03 2x11 ENAM LINGKUNG KABUPATEN PADANG PARIAMAN. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.
Text
upload1 (1).pdf Download (2MB) |
|
Text
bab 1 ok.pdf Download (432kB) |
|
Text
fauzi rizaldi.pdf Download (171kB) |
|
Text
SKRIPSI BARU FAUZI RIZALDI 16-077.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa pada tema 6 subtema 1 melalui model pembelajaran Jigsaw di SDN O3 2X11 Enam Lingkung PadangPariaman. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan Penelitian Tindakan Kelas dan dilaksanakan dalam tiga siklus yang pada masingmasing siklusterdiri dari 2 pertemuan. Sumber data penelitian ini adalah siswa kelas 4 di SDN 03 2X11 Enam Lingkung Padang Pariaman yang terdiri dari 20 orang siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi dan tes hasil belajar. Berdasarkan hasil analisis hasil belajar siswa, diperoleh nilai rata-rata pada siklus I yaitu 70.43 dengan persentase ketuntasan belajar 73.91% dengan kategori tinggi. Pada siklus II diperoleh nilai rata-rata 75.86 dengan persentase 89.95% dengan kategori tinggi. Dan pada siklus III diperoleh nilai rata-rata 80.21 dengan persentase 100% yang berada pada kategori sangat tinggi. Dari hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan pada hasil belajar siswa kelas 4 setelah metode pembelajaran menggunakan model Jigsaw. Oleh sebab itu model pembelajaran Jigsaw dapat digunakan sebagai salah satu model pembelajaran di Sekolah Dasar. Kata Kunci: Hasil Belajar, Model Pembelajaran Jigsaw
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | PGSD FKIP |
Date Deposited: | 08 Aug 2022 08:49 |
Last Modified: | 08 Aug 2022 08:53 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/9767 |
Actions (login required)
View Item |