PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ANIMASI POWTOON PADA MATERI BANGUN DATAR KELAS IV DI SD NEGERI 24 UJUNG GURUN

Shindy, Rethalia Putri and Ira, Rahmayuni Jusar (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ANIMASI POWTOON PADA MATERI BANGUN DATAR KELAS IV DI SD NEGERI 24 UJUNG GURUN. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
i. Cover - Daftar Isi Skripsi SHINDY RETHALIA PUTRI (PGSD 18-127).pdf

Download (693kB)
[img] Text
ii. BAB PENDAHULAN SKRIPSI SHINDY RETHALIA PUTRI (PGSD 18-127).pdf

Download (298kB)
[img] Text
iii. BAB KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA SKRIPSI SHINDY RETHALIA PUTRI (PGSD 18-127).pdf

Download (175kB)
[img] Text
iv. FULL TEKS SKRIPSI SHINDY RETHALIA PUTRI (18-127).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keterbiasaan siswa belajar selama pandemi Covid-19 menggunakan video animasi serta guru yang belum pernah menggunakan media pembelajaran berbasis animasi selama pembelajaran tatap muka, melainkan guru masih terfokus pada buku cetak tematik, LKS dan Powerpoint biasa. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran matematika yang berupa video animasi menggunakan powtoon pada materi bangun datar untuk siswa kelas IV SD Negeri 24 Ujung Gurun yang memenuhi kriteria valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Model penelitian pengembangan yang digunakan adalah 4-D yang dimodifikasi menjadi 3-D karena adanya keterbatasan waktu dalam penelitian. Tahapan yang dilakukan yaitu define, design, dan development. Validator angket validitas dilakukan oleh 2 orang dosen dan praktikalitas dilakukan oleh 1 orang guru dan 22 siswa kelas IV SDNegeri 24 Ujung Gurun. Data untuk validitas diperoleh dari hasil lembar validasi dua orang validator. Validitas media meliputi dua aspek yaitu aspek materi dan aspek media. Berdasarkan hasil rata-rata validasi oleh validator (ahli materi dan ahli media), media pembelajarananimasi yang dikembangkan mendapatkan persentase 87,5% dengan kriteria valid. Hasil rata-rata praktikalitas (angket guru dan angket siswa) mendapatkan persentase 94,7% dengan kriteria sangat praktis. Hal ini menunjukan media pembelajaran animasi menggunakan powtoon valid dan sangat praktis untuk digunakan sebagai salah satu media pembelajaran matematika di sekolah dasar. Kata Kunci: Pengembangan, Media Pembelajaran Animasi, Powtoon.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 09 Aug 2022 03:14
Last Modified: 09 Aug 2022 03:14
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/9888

Actions (login required)

View Item View Item