PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BERBASIS DISCOVERY LEARNING UNTUK PESERTA DIDIK KELAS IV DI SDN 06 PADANG BIRIK-BIRIK KOTA PARIAMAN

Nuur Hasanah, Selvindra and Hasnul, Fikri (2022) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BERBASIS DISCOVERY LEARNING UNTUK PESERTA DIDIK KELAS IV DI SDN 06 PADANG BIRIK-BIRIK KOTA PARIAMAN. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
I.pdf

Download (223kB)
[img] Text
II.pdf

Download (257kB)
[img] Text
III.pdf

Download (96kB)
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar berupa modul pembelajaran pada materi cerita fiksi menggunakan model discovery learning. Teori yang dipakai sebagai acuan adalah teori pembelajaran bahasa Indonesia oleh (Priyatni), pendapat modul oleh (Daryanto), dan pendapat discovery learning oleh (Lestari). Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model 4-D yaitu define, design, development,dan disseminate. Instrumen penelitian yaitu meliputi lembar validasi, lembar praktikalitas, dan lembar tes. Modul ini divalidasi oleh tiga ahli dosen yaitu dosen ahli materi, dosen ahli bahas, dan dosen ahli tampilan. Berdasarkan hasil penelitian ditentukan. Pertama, prosedur pengembangan modul yang dirancang melalui empat tahap yaitu tahap pendefinisian (difine), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (development), dan tahap penyebaran (dissemination). Kedua, kualitas pada modul yang dikembangkan dilakukan 3 uji coba yaitu uji validitas, uji praktikalitas, dan uji efektivitas. Pada uji validasi, modul menggunakan model discovery learning memenuhi kriteria sangat valid dengan rata-rata 93,05%. Pada uji praktikalitas modul menggunakan model discovery learning dalam uji skala terbatas pada angket guru dan peserta didik dengan rata-rata 89,37%, skala kecil pada uji coba menurut angket guru dan peserta didik dengan rata-rata 93,34%. Pada uji efektivitas modul skala terbatas memenuhi kriteria tinggi (efektif) yaitu 0,78 dan pada uji coba skala kecil memenuhi kriteria tinggi (efektif) yaitu 0,78. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran bahasa Indonesia berbasis discovery learning untuk peserta didik kelas IV SDN 06 sangat valid, praktis, dan efektif untuk digunakan sebagai bahan ajar dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Kata kunci: pembelajaran bahasa Indonesia, modul, discovery learning

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 09 Aug 2022 08:16
Last Modified: 09 Aug 2022 08:16
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/9972

Actions (login required)

View Item View Item