PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS INKUIRI TERBIMBING TERHADAP MATERI BILANGAN CACAH PADA KELAS IV SDN 05 PANCUNG SOAL

Olvy, Dwi Andari and Susi, Herawati (2022) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS INKUIRI TERBIMBING TERHADAP MATERI BILANGAN CACAH PADA KELAS IV SDN 05 PANCUNG SOAL. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
Cover DLL.pdf

Download (732kB)
[img] Text
BAB PENDAHULUAN.pdf

Download (236kB)
[img] Text
BAB KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (365kB)
[img] Text
FULL TEKS SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh belum tersedianya perangkat pembelajaran berupa LKPD pada pembelajaran matematika berbasis Inkuiri Terbimbing pada materi bilangan cacah. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKPD pembelajaran matematika berbasis Inkuiri Terbimbing untuk siswa kelas IV SDN 05 Pancung Soal Kecamatan Pancung Soal Kabupaten Pesisir Selatan yang memenuhi kriteria valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D). Model penelitian pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan 3-D yaitu define, design, dan develop. Penelitian ini dilakukan semester genap tahun ajaran 2021/2022. Instrumen penelitian meliputi lembar validasi, dan lembar praktikalitas (angket respon guru dan angket respon siswa). Pada proses validasi,LKPD di validasi oleh 1 orang ahli materi, 1 orang ahli bahasa, 1 orang ahli desain. Pada proses praktikalitas, LKPD diujicobakan oleh 1 orang guru dan 26 orang peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian pengembangan LKPD pembelajaran matematika berbasis Inkuiri Terbimbing pada materi bilangan cacah kelas IV SD dihasilkan LKPD yang memenuhi kriteri sangat valid dengan presentase rata-rata penilaian sebesar 92,0%, memenuhi kriteria sangat praktis dengan presentase rata-rata 97,4%. Jadi, dapat disimpulkan bahwa LKPD pembelajaran matematika berbasis Inkuiri Terbimbing kelas IV SD sangat valid dan sangat praktis digunakan sebagai salah satu sumber dalam pembelajaran matematika di kelas IV SD. Kata Kunci : LKPD, Pembelajaran Matematika, Inkuiri Terbimbing

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 10 Aug 2022 03:32
Last Modified: 10 Aug 2022 03:32
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/10131

Actions (login required)

View Item View Item