PEMBATALAN SEPIHAK OLEH KONSUMEN PADA TRANSAKSI ONLINE DENGAN PEMBAYARAN CASH ON DELIVERY ( COD ) PADA SHOPEE

Daeswanrie, Wawan (2023) PEMBATALAN SEPIHAK OLEH KONSUMEN PADA TRANSAKSI ONLINE DENGAN PEMBAYARAN CASH ON DELIVERY ( COD ) PADA SHOPEE. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
Cover Daeswanrie.docx

Download (2MB)
[img] Text
BAB I Daeswanrie.docx

Download (69kB)
[img] Text
BAB IV Daeswanrie.docx

Download (47kB)
[img] Text
Daftar Pustaka Daeswanrie.docx

Download (55kB)
[img] Text
Skripsi Daeswanrie.docx
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Perkembangan teknologi melaju dengan sangat cepat dan pesat dalam era globalisasi saat ini. Teknologi akan berkembang seiring dengan perkembangan kebutuhan manusia. Teknologi internet telah membawa perekonomian memasuki babak baru yang lebih popular dengan istilah digital economic atau ekonomi digital. Salah satunya transaksi bisnis lewat internet biasanya disebut juga dengan Transaksi Elektronik atau E-commerce. E-commerce didefenisikan sebagai kegiatan bisnis yang menyangkut konsumen, manufaktur, service provider dan pedagang perantara dengan menggunakan jaringan-jaringan komputer yaitu internet, salah satunya adalah e-commerce Shopee. Rumusan Masalah 1) Bagaimanakah akibat pembatalan sepihak dalam transaksi secara Cash On Delivery (COD) pada Shoppe? 2) Bagaimanakah penyelesaian pembatalan sepihak sepihak dalam transaksi online secara Cash On Delivery (COD) pada Shopee? Jenis penelitian yudiris sosiologis. Sumber data dilakukan dengan wawancara dan penelusuran dokumen. Data dianalisis dengan cara kualitatif. Simpulan hasil penelitian : 1) Akibat pembatalan sepihak dalam transaksi menggunakan pembayaran cash on delivery disebabkan karena pembeli yang tidak bertanggung jawab, pembatalan sepihak ini sering kali ditemukan, yang mengakibatkan kerugian bagi sipenjual, seharusnya pembeli membayar pesanan yang telah dituju. 2) Pembatalan sepihak yang dilakukan oleh Customer dalam transaksi cash on delivery merupakan perbuatan wanprestasi. Jika barang yang dikirimkan tidak sesuai terdapat kerusakan pembeli berhak mengembalikan barang kepada penjual dengan syarat pembeli harus memvidiokan barang tersebut dan mengirimkan ke penjual, dan penjual wajib mengganti rugi atau pergantian kepada pembeli karena barang yang dikirim tidak sesuai.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Hukum FH
Date Deposited: 08 Mar 2023 04:09
Last Modified: 08 Mar 2023 04:09
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/11807

Actions (login required)

View Item View Item