TANGGUNG JAWAB PELAKU USAHA TERHADAP PENJUALAN PRODUK ELEKTRONIK TANPA KARTU JAMINAN DI TOKO CIPTA JAYA KOTA PADANG

Niken Putri, Niken (2023) TANGGUNG JAWAB PELAKU USAHA TERHADAP PENJUALAN PRODUK ELEKTRONIK TANPA KARTU JAMINAN DI TOKO CIPTA JAYA KOTA PADANG. Other thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER NIKEN.docx

Download (337kB)
[img] Text
BAB I NIKEN.docx

Download (36kB)
[img] Text
BAB II NIKEN.docx
Restricted to Repository staff only

Download (31kB)
[img] Text
BAB III NIKEN.docx
Restricted to Repository staff only

Download (25kB)
[img] Text
BAB IV NIKEN.docx

Download (19kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (15kB)
[img] Text
SKRIPSI KOMPRE.Niken Putri 1-132 (1).docx

Download (21MB)

Abstract

Kartu jaminan atau garansi adalah surat keterangan dari suatu produk bahwa pihak produsen menjamin produk tersebut bebas dari kesalahan dan kegagalan bahan dalam jangka waktu tertentu. Pada Pasal 25 Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen, hak dan kewajiban konsumen dan pelaku usaha yang paling penting adalah kenyamanan, keamanan suatu produknya, oleh sebab itu kartu garansi sangat penting dilaksanakan dengan sebaik mungkin. Rumusan masalah: 1) Apakah alasan pelaku usaha tidak memberikan kartu jaminan setelah pembelian produk elektronik pada toko Cipta Jaya di Kota Padang. 2) Bagaimanakah bentuk dan penerapan ganti kerugian oleh pelaku usaha kepada konsumen yang dirugikan terhadap produk elektronik yang tidak disertai kartu jaminan pada toko Cipta Jaya di Kota Padang. Jenis penelitian adalah yuridis sosiologis dengan menggunakan data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data berupa wawancara. Data dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian: (1) Pelaku usaha tidak memberikan kartu jaminan karena saat pembelian barang oleh pelaku usaha dari produsen memang tidak dapat kartu jaminan dan pelaku usaha beranggapan bahwa produk yang di jual mempunyai kualitas yang baik dan tahan lama, sehingga barang akan tahan melebihi masa garansi. (2) Ganti rugi yang dilakukan oleh pelaku usaha kepada konsumen yang dirugikan karena tidak ada kartu jaminan yang diberikan yaitu berupa perbaikan barang berdasarkan besarnya kerusakan yang diderita, jika perbaikan harus penggantian suku cadang maka akan dikenai biaya perbaikan. Kata Kunci: Pelaku Usaha, Kartu Jaminan, Konsumen

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Hukum FH
Date Deposited: 08 Mar 2023 04:32
Last Modified: 08 Mar 2023 04:32
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/11828

Actions (login required)

View Item View Item