PENGEMBANGAN LKS BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL DI KELAS VIII

Rahma, Rahma Dani Ilham and Fazri, Zuzano (2023) PENGEMBANGAN LKS BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL DI KELAS VIII. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
cover dll.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB PENDAHULUAN.pdf

Download (141kB)
[img] Text
BAB PENUTUP.pdf

Download (74kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (100kB)
[img] Text
full teks.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (20MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi pada saat pembelajaran motivasi siswa dalam belajar masih kurang, hal ini ditunjukkan dengan kurangnya semangat siswa saat mengikuti pembelajaran dan siswa juga kurang aktif dalam pemebalajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKS berbasis problem based learning pada materi sistem persamaan linier dua variabel yang valid dan praktis. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan ADDIE memiliki 5 tahap yaitu analysis, design, development, implementation dan evaluation. Analysis pada tahap ini dilakukan analisis sarana dan prasarana sekolah, analisis proses pembelajaran dan analisis penggunaan media pembelajaran. Design, tahap ini untuk merancang produk yang akan dikembangkan. Development, tahap ini untuk menentukan kevalidan produk yang dikembangkan sehingga layak untuk di uji cobakan. LKS berbasis problem based learning ini dinilai oleh ahli materi dan ahli media. Implementation, tahap ini untuk uji coba produk yang telah dikembangkan kepada siswa kelas VIII. Pada uji coba produk di SMP N 1 Kuantan Hilir. Adapun subjek penelitian adalah 10 orang peserta didik kelas VIII.2. Hasil penelitian diperoleh bahwa LKS berbasis problem based learning valid oleh dua validator. LKS berbasis problem based learning dinyatakan praktis dengan nilai 63% . Sehingga LKS berbasis problem based learning valid dan praktis. Dari penelitian ini disarankan guru menggunakan LKS berbasis problem based learning ini sebagai bahan ajar dan ada pun beberapa kekurangan dalam pada saat penelitian antara lain: (1) Dalam berkelompok peserta didik yang mencari jawaban hanya beberapa orang dan selain itu hanya melihat jawaban dari teman kelompoknya (2) peserta didik cengderung bercerita pada saat pembelajaran (3) peneliti tidak mengambil semua subjek yang ada didalam kelas (4) pada pengisian lembar praktikalitas siswa tidak jujur pada pengisian lembar praktikalitas siswa tidak jujur

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: PMAT FKIP
Date Deposited: 09 Mar 2023 08:56
Last Modified: 09 Mar 2023 08:56
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/12124

Actions (login required)

View Item View Item