Nurul, Transiska and Pebriyenni, Pebriyenni and rieke, alyusfitri (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TAKE AND GIVE TERHADAP HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS V DI SD NEGERI 50 KURANJI. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.
Text
COVER- BAB I.pdf Download (593kB) |
|
Text
BAB V, DP.pdf Download (157kB) |
|
Text
FULL TEKS.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Take and Give terhadap hasil belajar PKn siswa kelas V di SD Negeri 50 Kuranji Tahun Ajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian Randomized Control Group Only Design. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 50 Kuranji yang terdiri dari tiga kelas yaitu kelas V-A, V-B dan V-C. Teknik pengambilan sampel menggunakan Simple Random Sampling. Berdasarkan hasil dari pengambilan sampel secara random, maka terpilihlah kelas V-B sebagai kelas eksperimen dan kelas V-A sebagai kelas kontrol yang telah berdistribusi normal. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes pilihan ganda. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 82,73 dan pada kelas kontrol 72,38. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis perbedaan ratarata yaitu rumus t-test. Berdasarkan analisis data hasil belajar siswa pada ranah kognitif dengan taraf kepercayaan 0,05 diperoleh thitung = 2,264 dan ttabel = 2,019, maka thitung = 2,264 > ttabel =2,019, dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model Take and Give terhadap hasil belajar PKn siswa kelas V SDN 50 Kuranji. Untuk itu model pembelajaran Take and Give dapat diterapkan pada saat melaksanakan proses pembelajaran PKn. Kata Kunci : Model Pembelajaran Take and Give, Hasil Belajar.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Heltree Ivatureza |
Date Deposited: | 24 May 2023 06:09 |
Last Modified: | 24 May 2023 06:09 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/13711 |
Actions (login required)
View Item |