PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR IPS DI KELAS V SDN 51 KURANJI PADANG

Tri, Widayanti and Pebriyenni, Pebriyenni and Zulfa, Amrina (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR IPS DI KELAS V SDN 51 KURANJI PADANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
COVER- BAB I.pdf

Download (545kB)
[img] Text
BAB V, DP.pdf

Download (263kB)
[img] Text
FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitianinibertujuanuntukmengetahuipengaruhpenerapan model pembelajaranmind mapping terhadaphasilbelajar IPS siswakelas V SDN 51 Kuranji Padang.Jenispenelitianiniadalahpenelitianeksperimen.Variabelbebaspadapenelitianini adalahpenerapan model pembelajaranmind mapping sedangkanvariabelterikatnyaadalahhasilbelajar IPS.Populasipenelitianiniadalahseluruhsiswakelas V SDN 51 Kuranji, Padang padatahunpelajaran 2017/2018.Sebanyak 40 orang siswadipilihsebagaisampel yang ditentukandengantekniktotal Sampling. Data yang dianalisisdalampenelitianiniadalahskorhasilbelajar IPS ranahkognitif yang dikumpulkanmelaluitesobjektif.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwaterdapatpengaruh model pembelajaranMind Mappingterhadaphasilbelajar IPS dikelas V SDN 51 KuranjiPadang. Hal inidapatdilihatdariperolehan rataratanilaikelaseksperimenlebihtinggidibandingkandenganperolehannilai rata-rata kelaskontrol (eksperimen = 82,5>kontrol = 69,3) danhasilujihipotesismenggunakanuji-t denganthitunglebihbesardarittable(thitung= 2,49>ttabel= 2,02).Makadapatdisimpulkanbahwa model pembelajaranMind Mapping memberikanpengaruhlebihbaikdaripadapembelajarankonvensional.Melihathasilpeneli tianinimaka modelpembelajaranMind Mapping perluditerapkandandikembangkandalamrangkamencapaihasilbelajar yang optimal. Kata-kata Kunci :MindMapping,HasilBelajar IPS, Eksperimen

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 29 May 2023 03:16
Last Modified: 29 May 2023 03:16
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/13769

Actions (login required)

View Item View Item