Tri, Widayanti and Pebriyenni, Pebriyenni and Zulfa, Amrina (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR IPS DI KELAS V SDN 51 KURANJI PADANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.
Text
COVER- BAB I.pdf Download (545kB) |
|
Text
BAB V, DP.pdf Download (263kB) |
|
Text
FULL TEKS.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Penelitianinibertujuanuntukmengetahuipengaruhpenerapan model pembelajaranmind mapping terhadaphasilbelajar IPS siswakelas V SDN 51 Kuranji Padang.Jenispenelitianiniadalahpenelitianeksperimen.Variabelbebaspadapenelitianini adalahpenerapan model pembelajaranmind mapping sedangkanvariabelterikatnyaadalahhasilbelajar IPS.Populasipenelitianiniadalahseluruhsiswakelas V SDN 51 Kuranji, Padang padatahunpelajaran 2017/2018.Sebanyak 40 orang siswadipilihsebagaisampel yang ditentukandengantekniktotal Sampling. Data yang dianalisisdalampenelitianiniadalahskorhasilbelajar IPS ranahkognitif yang dikumpulkanmelaluitesobjektif.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwaterdapatpengaruh model pembelajaranMind Mappingterhadaphasilbelajar IPS dikelas V SDN 51 KuranjiPadang. Hal inidapatdilihatdariperolehan rataratanilaikelaseksperimenlebihtinggidibandingkandenganperolehannilai rata-rata kelaskontrol (eksperimen = 82,5>kontrol = 69,3) danhasilujihipotesismenggunakanuji-t denganthitunglebihbesardarittable(thitung= 2,49>ttabel= 2,02).Makadapatdisimpulkanbahwa model pembelajaranMind Mapping memberikanpengaruhlebihbaikdaripadapembelajarankonvensional.Melihathasilpeneli tianinimaka modelpembelajaranMind Mapping perluditerapkandandikembangkandalamrangkamencapaihasilbelajar yang optimal. Kata-kata Kunci :MindMapping,HasilBelajar IPS, Eksperimen
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Heltree Ivatureza |
Date Deposited: | 29 May 2023 03:16 |
Last Modified: | 29 May 2023 03:16 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/13769 |
Actions (login required)
View Item |