PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SDN 17 LUBUK ALUNG

FAMELLA, RACHMAN and Pebriyenni, Pebriyenni and Ira, Rahmayuni Jusar (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SDN 17 LUBUK ALUNG. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
COVER- BAB I.pdf

Download (587kB)
[img] Text
BAB V- PENUTUP.pdf

Download (210kB)
[img] Text
FUUL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh pembelajaran IPS siswa dengan menerapkan model pembelajaran Student Teams Achievemant Divisions (STAD) terhadap hasil belajar pada ranah kognitif tingkat Pengetahuan (C1) kelas V SDN 17 Lubuk Alung dan melihat pengaruh pembelajaran IPS siswa dengan menerapkan model pembelajaran Student Teams Achievemant Divisions (STAD) terhadap hasil belajar pada ranah kognitif tingkat Pemahaman (C2) kelas V SDN 17 Lubuk Alung. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar siswa sedangkan teknik analisis data menggunakan uji-t. Hasil tes akhir pada kedua kelas sampel berdistribusi normal dan memiliki varians yang homogen sehingga digunakan uji-t untuk pengujian hipotesis dimana ������ dibandingkan dengan ��� � dengan dk 54 pada taraf kepercayaan ɑ = 0,05 diperoleh ��� � = 1.7033 dan ������= 2.40. Hal ini berarti ������> ��� � dimana 2.40 > 1.7033 dengan demikian diterima. Berdasarkan analisis data dapat dilihat bahwa kelas eksperimen yang diberi perlakuan dengan menerapkan Model Pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD) Lebih baik hasil belajarnya dengan rata-rata 84.82 dibandingkan kelas kontrol dengan rata-rata 77.42 yang menerapkan metode konvesional. Untuk itu disarankan kepada guru IPS agar dapat menggunakan model pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD) untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Kata Kunci : Pembelajaran, Achievement, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 17 Jul 2023 02:28
Last Modified: 17 Jul 2023 02:28
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/14094

Actions (login required)

View Item View Item