FAMELLA, RACHMAN and Pebriyenni, Pebriyenni and Ira, Rahmayuni Jusar (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SDN 17 LUBUK ALUNG. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.
|
Text
COVER- BAB I.pdf Download (587kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V- PENUTUP.pdf Download (210kB) | Preview |
|
Text
FUUL TEKS.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh pembelajaran IPS siswa dengan menerapkan model pembelajaran Student Teams Achievemant Divisions (STAD) terhadap hasil belajar pada ranah kognitif tingkat Pengetahuan (C1) kelas V SDN 17 Lubuk Alung dan melihat pengaruh pembelajaran IPS siswa dengan menerapkan model pembelajaran Student Teams Achievemant Divisions (STAD) terhadap hasil belajar pada ranah kognitif tingkat Pemahaman (C2) kelas V SDN 17 Lubuk Alung. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar siswa sedangkan teknik analisis data menggunakan uji-t. Hasil tes akhir pada kedua kelas sampel berdistribusi normal dan memiliki varians yang homogen sehingga digunakan uji-t untuk pengujian hipotesis dimana ������ dibandingkan dengan ��� � dengan dk 54 pada taraf kepercayaan ɑ = 0,05 diperoleh ��� � = 1.7033 dan ������= 2.40. Hal ini berarti ������> ��� � dimana 2.40 > 1.7033 dengan demikian diterima. Berdasarkan analisis data dapat dilihat bahwa kelas eksperimen yang diberi perlakuan dengan menerapkan Model Pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD) Lebih baik hasil belajarnya dengan rata-rata 84.82 dibandingkan kelas kontrol dengan rata-rata 77.42 yang menerapkan metode konvesional. Untuk itu disarankan kepada guru IPS agar dapat menggunakan model pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD) untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Kata Kunci : Pembelajaran, Achievement, Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Heltree Ivatureza |
Date Deposited: | 17 Jul 2023 02:28 |
Last Modified: | 17 Jul 2023 02:28 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/14094 |
Actions (login required)
View Item |